1
Rab. Sep 23rd, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

VIRUS CORONA: PROJO BULELENG “SERANG” COVID-19, GELAR PENYEMPROTAN DISINFEKTAN

2 min read

Foto Jarrakposbali.com/Fancelino: Dr Caput pimpin aksi foging

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Relawan pendukung Jokowi-Amin Kabupaten Buleleng, Bali, yang tergabung dalam PROJO ternyata masih sangat eksis. Bahkan kelompok relawan Jokowi-Amin ini kian eksis dan aktif membantu pemerintah melakukan aksi mencegah penyebaran wabah virus corona (COVID-19) di Bali Utara.

Eksistensi PROJO di Bumi Panji Sakti itu tidak terlepas dari peranan sang ketuanya yakni dr Ketut Putra Sedana, Sp.OG. Ya, dokter ahli atau dokter spesialis Obstetric & Gynekologi, memang luar biasa magnetnya sehingga para relawan PROJO tetap utuh hingga kni.

Sebagai ahli kesehatan, pemilik Klinik Bersalin Permata Bunda Singaraja ini sangat menaruh perhatian pada masalah kesehatan sehingga di saatCOVID-19 mewabah di Buleleng, ia langsung menggerahkan personil relawan PROJO untuk melakukan aksi pencegahan penyebaran COVID-19.

“Jadi, kami sudah secara rutin melakukan penyemprotan di setiap desa dan kelurahan di setiap kecamatan di Buleleng. Ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona,” jelas dr Caput – sapaan akrab dr Ketut Putra Sedana, Sp.OG, Rabu (22/4/2020) sore di sela-sela aksi penyemprotan disinfektan di Kota Singaraja.

Baca Juga :  DATANGI KAPOLRES, KPPAD BALI PERTANYAKAN PENANGANAN KASUS KOMANG NS

Wabah ini penularannya sangat cepat makanya dr Caput bersama gerbongnya di PROJO bergerak tanpa menunggu komando dari siapapun. Ia menyadari bahwa ketika wabah pandemik seperti ini meerjang satu daerah maka perlu kekompakan semua elemen masyarakat untuk melawan terutama pencegahan penyebarannya.

“Semua elemen masyarakat harus terlibat dalam upaya pencegahan ini. Tidak bisa kita hanya meminta tanggung jawab pemerintah atau orang lain. Perang melawan virus seperti ini harus mulai dari diri kita dan keluarga kita, terus kelompok kita. Makanya saya ajak teman-teman relawan di PROJO ini untuk terus melakukan penyemprotan ini,” papar dr Caput bijak.

Aksi penyemprotan itu diupayakan ke semua kecamatan yang ada di Buleleng. Maka itu, ia bersama seluruh relawan PROJO terus melakukan penyemprotan secara rutin menyebar ke desa-desa dan kelurahan di Bum Denbukit ini.

“Tinggal Kecamatan Tejakula, Kecamatan Gerokgak, Busungbiu dan Seririt yang belum. Kalau yang lain sudah semua,” ungkapnya.

Baca Juga :  PENDIDIKAN: PEMINAT SMP NEGERI 3 SINGARAJA MEMBLUDAK

Seperti di Kota Singaraja Rabu (22/4/2020), para relawan PROJO kembali melakukan penyemprotan disinfektan di jalan-jalan protocol seperti Jalan Gajahmada, Jalan Veteran, Jalan Ngurah Rai serta gang-gang kecil yang ada di sekitaran wilayah Kelurahan Astina dan Kelurahan Kendran.

Selain penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran COVID-19, dr Caput menyebutkan bahwa relawan PROJO juga melakukan foging DBD. “Kami sediakan dua alat foging untuk terus melakukan foging karena penyakit ini kan pasti setiap tahunnya ada,” ungkap dr Caput lagi.

Ternyata aksi foging itu dilakukan sejak Rabu (22/4/2020) pagi di sejumlah kawasan di Kota Singaraja. Dr Caput langsung turun memimpin aksi foging DBD itu. “Saya turun untuk arahkan pelaksanaan foging,” ucap dokter yang juga Ketua Umum Pengcab Forki Kabupaten Buleleng yang membawa Buleleng pertama menjadi juara umum di Porprov Bali di Tabanan 2019 lalu itu.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *