1
Sen. Sep 21st, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

VIRUS CORONA: JAGA PINTU MASUK WILAYAH BARAT, GTPP COVID-19 BULELENG BANGUN POS SEKAT DI LABUAN LALANG

2 min read

GEROKGAK-JARRAKPOSBALI.COM – Penyebaran virus corona (COVID-19) melalui transmisi lokal yang belum bisa dikendalikan, membuat Pemkab Buleleng melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Buleleng, Bali, berupaya melindungi Bumi Panji Sakti.

Salah satu upaya adalah mengerem alur lalulintas manusia dari luar Bali ke wilayah Buleleng dengan membangun Pos Sekat. Tujuannya, masyarakat yang datang dari luar Bali menuju Kabupaten Buleleng akan diperiksa dengan ketat.

Pos Sekat sebagai penjaga pintu masuk Buleleng dari timur dan barat mulai Selasa (23/6/2020) sudah diresmikan. Pos Sekat di wilayah barat ditempatkan di Labuan Lalang, Desa Sumberkelampok, Kecamatan Gerokgak, sedangkan Pos Sekat di wilayah timur ditempatkan di Desa Tembok, Kecamatan Tejakula.

Peresmian Pos Sekat dilakukan di Pos Sekat wilayah barat di Labuan Lalang oleh Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra dihadiri Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH, Sekkab Buleleng Drs. Gede Suyasa,M.Pd, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Buleleng, Camat Gerokgak Made Juartawan, S.STP, MM dan Perbekel Desa Sumberklampok.

Baca Juga :  LA LIGA: GALACTICOS GENERASI III 2022, BERMATERI TRIO PERANCIS, NORWEGIA DAN BRASIL

Dalam pemeriksaan tersebut, para petugas gabungan dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, TNI dan Polri, akan memeriksa kelengkapan identitas masyarakat dan juga wajib menggunakan masker. Selain itu, masyarakat dari luar Bali juga diwajibkan membawa surat keterangan hasil rapid test non reaktif. Dalam Pos Sekat tersebut juga tersedia alat rapid tes untuk masyarakat yang tidak membawa hasil rapid tes dari daerah asalnya.

Usai meresmikan Pos Sekat, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG menjelaskan, Pos Sekat ini bertujuan untuk meminimalisasi ancaman penyebaran COVID-19 di Kabupaten Buleleng. Ia mengungkapkan, tingginya kasus penyebaran COVID-19 di daerah Jawa Timur dan NTB menjadi alasan GTPP Buleleng mendirikan Pos Sekat di dua titik pintu masuk.

Baca Juga :  NYERAH, PANITIA NGABEN MASSAL SUDAJI MINTA MAAF VIA VIDEO

“Pos Sekat di Desa Tembok untuk memeriksa pendatang dari daerah NTB dan untuk di Pos Sekat Desa Sumberklampok untuk memeriksa pendatang dari Pulau Jawa. Karena kedua daerah ini kasus penyebaran virusnya sangat tinggi,” Ungkapnya.

Sementara itu, ditemui di tempat terpisah, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, selaku Ketua GTPP Buleleng mengatakan, rapid tes yang disediakan di Pos Sekat sementara akan digratiskan terlebih dahulu sembari menunggu regulasi.

“Untuk rapid tes khusus di Pos Sekat, selama satu bulan ini saya akan gratiskan dulu sambil menunggu regulasinya,” pungkas Bupati Agus.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *