Berita

Pastikan Kesehatan Terjaga, WBP Rutan Negara Ikuti Screening TBC

JEMBRANA, jarrakposbali.com ! Guna mendeteksi dini terhadap penyakit menular, khususnya penyakit paru, sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rutan Kelas IIB Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, mengikuti screening massal tubercolusis (TBC), Kamis (23/6/2022).

Pelaksanaan screening TBC tersebut bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana dan menggandeng petugas medis dari Puskesmas 1 Negara, Jembrana.

Screening dilakukan dengan memeriksa sampel dahak para WBP yang sebelumnya telah dikumpulkan di dalam masing-masing botol yang disiapkan oleh petugas medis.

Kegiatan screening TBC kali ini merupakan kegiatan yang kedua, setelah sebelumnya juga sudah dilakukan terhadap sejumlah WBP dan petugas Rutan Negara.

Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Negara, Jembrana Bambang Hendra Setyawan mengatakan, untuk kegiatan sreening TBC yang kedua kali ini diikuti oleh 85 orang WBP yang pada screening pertama belum sempat discreening dan satu orang petugas rutan.

“Dengan dilaksanakannya screening tahap kedua ini, berarti sudah semua WBP yang sedang menjalani pembinaan di Rutan Negara sudah discreening,” terang Bambang Hendra Setyawan, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga :  POLITIK: DPAC DEMOKRAT SE-DKI JAKARTA DESAK PECAT SUBUR SEMBIRING
  Jarrak Travel

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih atas bantuan Dinas Kesehatan Jembrana dan pihak Puskesmas 1 Negara yang telah membantu menjaga kesehatan para WBP dan petugas di Rutan Negara.

“Kami ingin semua warga binaan di sini (Rutan Negara) tetap sehat dan nanti saat kembali ke keluarga juga tetap sehat sehingga bisa kembali bekerja untuk keluarga,” pungkas Bambang Hendra Setyawan.

Sementara itu dr. I Gede Made Biomantara Rama Santhi, petugas kesehatan dari Puskemas 1 Negara mengatakan, pada screening tahap dua ini, dilakukan dengan cara mengumpulkan sampel dahak para warga binaan untuk dikirim ke Laboratorium RSU Negara untuk
pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM).

Baca Juga :  ALDRIN AVIANANDA

Screening tersebut menurutnya dilakukan dengan melakukan pengkajian tanda dan gejala TBC dan pemeriksaan penunjang dengan mengambil sampel dahak peserta.

“Pada sreening tahap pertama kepada para WBP, hasilnya semua negatif. Mudah-mudahan hasil sreening hari ini juga hasilnya negatif,” tutupnya.(x)

Penulis : Angga
Editor : Dewa Darmada

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: