1
Sab. Sep 19th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

ESAI BUDIDAYA PORANG: LUNASI HUTANG DAMPAK COVID-19 MELALUI BUDIDAYA PORANG

2 min read

OLEH: MADE TEJA, S.SOS/Petani Porang di Buleleng (Direktur CV Indo Porang Bali)

NEW NORMAL menuju suatu perubahan hidup baru. Kesulitan menghadapi pandemi COVID-19 terbentur berbagai kendala, baik kendala psikologis dan ekonomi. Nah, untuk memulihkan ekonomi, kita lebih banyak berada di zona pemerdayaan bidang sektor pertanian.

CV Indo Porang Bali disingkat IPB ikut ambil bagian di sektor pertanian dengan mengembangkan salah satu komoditi bernama porang bali. Karena budidaya porang sangat mudah, hidup porang memiliki nilai bisnis cukup tinggi.

Porang itu sekali tanam ada dua potensi hasil panen, yaitu panen biji katak buah porang untuk bibit dalam satu musin bisa dua kali setahun setiap masa dorma, hasil umbi bisa sampai Rp 8.000 per kg sampai Rp 13 000 per kg. Kami yakin akan banyak beralih ke sektor pertanian, karena COVID-19 “memaksa” kita untuk pulang kampung, saat itulah budidaya porang menjadi solusi terbaik untuk memulihkan ekonomi.

Baca Juga :  New Kuta Golf Bersama Kadin Gelar Pecatu Open Golf Tournament

Nah, dalam pengenalan kepemgurusan HKTI Buleleng, hadir Ketua HKTI Bali bapak Putu Arya Sedhana sangat mendukung CV IBP sebagai pembudidaya porang. bahkan HKTI Bali dalam sambutannya berjanji kepada kelompok tani akan diberikan rekomendasi untuk kredit KUR. Kami sebagai petani porang menyambut dengan gembira untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Hal ini kita harapkan komoditi porang se-Bali bisa membentuk kelompok budidaya porang di masing-masing desa.

Ini akan lebih efektif bila dikoordinir oleh Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) yang sana sudah diatur Permendagri No 18 Tahun 2018, dan disahkan oleh perbekel atau kepala desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Saya mempunyai asumsi bahwa cara melunasi kredit macet cukup dengan budidaya porang. Hanya membutuhkan waktu dua atau tiga tahun bisa dilunasi kredit macet tersebut. Ini solosi kita ke depan. Masih banyak lahan tidak produktif ditanami porang. Kami bisa berikan seminar gratis dengan intruktur CV IPB, petani porang sudah lama di Pacitan, Jawa Timur.

Baca Juga :  LA LIGA: GALACTICOS GENERASI III 2022, BERMATERI TRIO PERANCIS, NORWEGIA DAN BRASIL

Tujuanya memberikan pengetahuan dan cara-cara membudidaya porang yang benar sehingga petani tidak ragu tanam porang. Bukan hanya itu kami dari CV OPB juga memfasilitasi segi penjualan hasil produksi porang milik petani. Kita fasilitasi dalam jumlah besar dengan komitmen kami maju bersama, yang tujuanya adalah membangun ekonomi produktif. Kami lebih banyak berada di zona pemerdayaan masyarakat baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Berbagi kita pasti lebih bisa .

Jadi, jangan ragu. Lunasi hutang dampak COVID-19 melalui budi daya porang. Dan CV IPB siap hadir untuk pembinaan gratis terkait tatacara budidaya porang yang baik dan berkualitas, efektif, dan efesien. Ya, di sini solusinya, cara mudah tanam porang!***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *