BeritaBulelengDaerahNasionalPendidikan
Trending

Setelah Cieria Sayang, 16 Pramuka Penggalang Buleleng Lolos Ke Jamnas 2022

SINGARAJA, Jarrak Pos Bali – Sebanyak 16 pramuka penggalang di Kabupaten Buleleng menyusul Putu Gueswita Cieria Sayang ke Jambore Nasional (Jamnas).

Merek lolos setelah mengikuti pelaksanaan seleksi yang dilakukan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng selama dua hari yang dipusatkan di Sanggar Bakti Pramuka di Gedung Pramuka Kumaratshana.

Adapun seleksi tersebut melibatkan 24 pramuka penggalang yang sebelumnya mengikuti ajang Jambore Daerah Bali di Margarana Tabanan.

Baca Juga :  Ini Instruksi Bupati Buleleng ke Tim PPS

Ketua Tim Seleksi Jamnas 2022, Ida Bagus Gde Surya Bharata; mengungkapkan bahwa saat ini seleksi peserta dilakukan secara terbatas karena berkaitan dengan pandemi Covid-19.

Kwarcab Buleleng diketahui telah menyiapkan masing-masing satu regu putra dan putri sebanyak 16 pramuka penggalang dan 2 pembina pendamping.

Hal ini juga dilakukan berdasarkan pembatasan jumlah peserta yang diberikan di tingkat nasional.

Banner Iklan Sariksa

“Kita melaksanakan seleksi calon peserta Jamnas untuk perwakilan Kabupaten Buleleng, ada sebanyak delapan putra dan putri nantinya akan menjadi kontingen Buleleng beserta pendamping,” ujarnya.

“Saat ini kita ambil seleksi dari peserta yang mengikuti Jambore Daerah sebanyak masing-masing dua regu, jadi kita harus menyeleksi adik-adik kita untuk bisa tampil terbaik di tingkat nasional,” ungkapnya lagi.

Baca Juga :  945 CPPPK Buleleng Tandatangani SPK

Untuk memantapkan pengetahuan serta keterampilan

Dijelaskan juga bahwa seleksi ini dilakukan untuk memantapkan sisi pengetahuan dan keterampilan kepramukaan agar dapat tampil maksimal dalam pertemuan besar pramuka penggalang di tingkat Nasional.

Bahkan Buleleng telah meloloskan satu peserta menjadi pengibar bendera kegiatan Jambore Nasional di Cibubur.

“Kemarin sudah masuk adik kita dari Kwarran Busungbiu, Putu Gueswita Cieria Sayang; sebagai pengibar bendera kegiatan Jambore Nasional saat pembukaan nantinya,” papar Ida Bagus Gde Surya Bharata.

Pria yang juga Ketua Komisi Pembinaan Anggota Muda (Bina Muda) Kwarcab Buleleng itu, berharap agar para peserta dapat digunakan sebagai pengalaman untuk meningkatkan prestasi

Selain itu juga agar mampu menjadi duta terbaik bagi Kabupaten Buleleng.

“Adik-adik nantinya yang lolos dapat memberikan yang terbaik bagi Buleleng pada ajang Jamnas dan menjadi sebuah pengalaman yang sekali seumur hidup mereka untuk bisa tampil disana,” ujarnya.

“Itu juga nantinya menjadi semangat untuk meraih kesuksesan di ajang-ajang berikutnya dan tentunya menjadi tunas bangsa harapan kita menjadi duta terbaik buleleng,” harapnya.

Baca Juga :  Buleleng Raih Peringkat Tiga Terbaik di Bali

Diberikan materi kepramukaan

Dalam kegiatan yang dikemas melalui Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), seleksi peserta dilakukan dengan melibatkan Tim Pelatih dari Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kwarcab Buleleng.

Selama kegiatan tersebut, diberikan berbagai materi keparmukaan maupun kemampuan umum, bahkan secara bertahap nantinya para peserta yang lolos seleksi akan mengikuti pemantapan.

Sehingga mampu mengikuti pelaksanaan Jambore Nasional XI Gerakan Pramuka Tahun 2022 yang rencananya dilaksanakan 14-21 Agustus 2022.

Jambore Nasional XI tahun ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. (fJr/JP)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: