BeritaDaerahKeagamaanKlungkung

Dukung Pelaksanaan Ngaben Masal Warga Desa Adat Bakas

Warga Desa Laksanakan Pembersihan Karang Setra dan Setra Adat Setempat

SEMARAPURA, jarrakposbali.com | Dalam mendukung dan melancarkan kegiatan ngaben masal, warga Desa Bakas laksanakan kegiatan gotong royong, bertempat dikarang setra dan setra Adat setempat, Minggu (24/7/2022).

Bendesa Adat Bakas, Cokorde Oka Adnyana, disela – sela kegiatan gotong royong warganya menyampaikan bahwa, pelaksanaan gotong royong ini untuk melancarkan acara atiwa – tiwa atau ngaben masal wargaya yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022.

“Kami akan melaksanakan ngaben masal dari 5  Banjar Adat yang ada di Desa Bakas, Banjar Kreteg, Banjar Kawan, Banjar Kangin, Banjar Peken dan Banjar Pering, ” ungkapnya.

Baca Juga :  Ny. Seniasih Giri Prasta Hadiri Pasar Rakyat Kabupaten Gianyar

Sebanyak 55 sawa akan  diabenkan dalam kegiatan tersebut, dimana dari masing-masing Banjar Adat sudah memberikan laporannya kepada prajuru Adat.

  Jarrak Travel

“Kami akan melaksanakan ngaben masal sebanyak 55 sawa diantaranya, dari Banjar Kreteg 6 sawa, Banjar Kawan 10 sawa, Banjar Peken 9 sawa, Banjar Kangin 20 sawa dan Banjar Pering sebanyak 11 sawa, ” ungkapnya.

Dimana susunan pelaksanaan ngaben masal yang telah didapatkan atas petunjuk Ida Sulinggih adalah, acara kegiatan akan mulai dilaksanakan pada 29 Juli 2022 Matur Piuning, 7 Agustus 2022 Nanceb dan Negtegin, 12 Agustus 2022 Ngajum Kajang, Melaspas Kajang dan Melaspas Tukon, 13 Agustus Ngendangin, 16 Agustus Ngagah, Ngening, Mebersih dan Ngaskara .

“Dimana puncak acara pengabenan, kami akan laksanakan pada 19 Agustus 2022,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara kegiatan  gotong-royong tersebut, Bendesa Adat Bakas Cokorda Oka Adnyana, Wakil Bendesa Adat Ida Bagus Nyoman Bawa, Penyarikan  Desa Adat Bakas I Wayan Arsa, Petengen Desa Adat Bakas I Nyoman Sukadana dan Kerama Desa Adat Bakas. ( Tude) .

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: