BulelengDaerahEkonomi

Desa Les Miliki Segudang Potensi Wisata, UMKM dan Seni Budaya

TEJAKULA, jarrakposbali.com – Desa Les merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali. Secara umum Desa Les mempunyai segudang potensi desa baik itu potensi wisata, UMKM, maupun petensi seni budaya.

Terkait dengan potensi itu, Perbekel Desa Les Gede Adi Wistara saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/2/2022) pekan lalu mengatakan, dari potensi wisata yang ada di Desa Les yakni Taman Terumbu Karang sebagai ekowisata bawah laut yang sedang dikembangkan saat ini, sedangkan ekowisata alam pengunungan ada air terjun, Yeh Mampeh, Pesona Gua, dan wisata hiking atau mendaki gunung.

Selain itu, sebut Perbekel Wistara, Desa Les juga merupakan salah satu desa penghasil garam tradisional. Potensi ini dijadikan untuk tempat wisata edukasi. “Dalam wisata edukasi ini, bagaimana mengolah air laut menjadi garam tradisional yang berkualitas tinggi,” ucap Perbekel Wistara.

Lebih lanjut, Perbekel Wistara menyampaikan garam di Desa Les dibuat secara tradisional dari turun temurun dengan memakai palungan dan memilih media-media seperti tanah subur yang memiliki kualitas yang baik. Terkait pendiatribusian garam saat ini sudah melalui koperasi dan ke pasar-pasar tradisional maupun pasar modern.

Tidak hanya potensi wisata, Perbekel Wistara mengatakan bahwa Desa Les juga mempunyai UMKM seperti pengolahan Arak Bali dari pohon rontal, pengolahan Gula Juruh, dan pengolahan Minyak Tandusan atau biasa di sebut lengis bali. “Itu akan kami kemas menjadi edukasi dalam pengelolaan untuk kunjungan dari wisata ke Desa Les,” ujarnya.

Sementara dari bidang seni budaya, terdapat seni budaya Tek-tekkan Desa Les dan Tapel Gandong. Tapel Gandong tersebut biasanya dipentaskan sebagai hiburan masyarakat di Desa Les. “Bidang seni budaya memang Desa Les memiliki potensi luar biasa, dan mampu menarik wisatawan ke Desa Les,” pungkas Perbekel Wistara. (frs/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button