1
Sab. Sep 26th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

PUTRI SUASTINI KOSTER: “VITAMIN A SANGAT PENTING BUAT ANAK-ANAK”

2 min read

SAWAN-JARRAKPOSBALI.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster usai memberikan Vit A bagi anak-anak di Desa Galungan, Kecamatan Sawan, Buleleng, menghimbau kepada para orangtua bahwa program ini merupakan program nasional yang wajib dilaksanakan dan sangat penting bagi tumbuh kembang anak-anak.

Hal ini disampaikan Ny. Putri Suastini Koster dalam sambutannya di Gebyar Bulan Kapsul Vit A dan Operasi Timbang di Balai Desa Galungan Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Selasa (25/2/2020).

“Dalam pertemuan-pertemuan seperti ini Saya tak hentinya selalu mengingatkan betapa pentingnya menjaga gizi anak-anak. Melihat zaman modern saat ini banyak beredar makanan siap saji mengandung bahan berbahaya seperti pengawet, penyedap dan lainnya,” kata Putri Suastini Koster.

Istri Gubernur Bali ini juga mengatakan, pergerakkan PKK melalui program hatinya PKK sudah terintegrasi dan menjadi mitra dari Dinas Kesehatan untuk menjalankan berbagai program penting Nasional.

Baca Juga :  KESEHATAN: JOYRAZERO, PROTECT YOURSELF FROM RADIATION

“Salah satunya melalui acara Gebyar Bulan Kapsul Vit A ini, dilaksanakan pemberian Vit A bagi bayi dan balita secara serempak, dan dilaksanakan secara bersamaan juga di seluruh Kabupaten di Bali bagi yang belum melaksanakan,” tutur Putri Suastini Koster.

Acara yang berlangsung sejak pagi hari ini dirangkaikan juga dengan senam ibu hamil, pelayanan posyandu, dan pameran buah-buahan lokal. “Semoga melalui kegiatan seperti ini akan menggugah para orangtua untuk bersama-sama memantau tumbuh kembang anak-anaknya sehingga melahirkan generasi yang sehat dan cerdas,” tantas Putri Suastini Koster.

Sememntara Plt. Ketua Tim Penggerak PKK Buleleng, Ny. Wardhany Sutjidra ingatkan orangtua akan pentingnya peran vitamin untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh bagi bayi dan balita.

Pemberian suplementasi, khususnya Vit A pada anak-anak dilakukan 6 bulan sekali atau lazimnya diberikan di bulan Februari dan Agustus.

Baca Juga :  DESA ADAT SANGKET TANGGAPI MADE TEJA: “DASARNYA PESUTRI, NYEPI ADAT BUKAN LOCKDOWN”

Wardhany mengatakan, Vit A ini memiliki banyak manfaat penting untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh anak-anak. Sehingga, mengurangi kejadian kesakitan dan mencegah timbulnya komplikasi pada penyakit yang sering terjadi pada anak seperti campak dan diare.

“Namun, penting untuk diingat juga adalah Vit A lanjutan tersebut, terdapat pula pada makanan hewani dan nabati,” ungkap Wardhany Sutjidra.

Masih kata istri orang nomor dua di Buleleng ini, Sasaran program ini adalah balita dari usia 6 bulan sampai dengan 59 bulan. Vitamin A yang dibagikan adalah vitamin A dosis tinggi. “Ada 2 jenis vit A yang diberikan yaitu yang biru (100.000 IU) untuk bayi usia 6 – 11 bulan, dan yang merah (200.000 IU) untuk usia 12 – 59 bulan,” pungkas Wardhany.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *