Karangasem.Jarrakposbali.com. Trend tanaman porang semakin diminati oleh masyarakat khalayak luas. Salah satunya di kabupaten Karangasem, sepertinya tanaman yang diketahui memiliki gizi yang tinggi ini akan di kembangkan budidayanya.

Seperti pengakuan Gede Putu Suastika yang berasal dari Lingkungan Susuan kelurahan Karangasem. Dirinya mengaku sedang mencari cara bagaimana agar budidaya porang ini bisa masuk ke Karangasem.

Dirinya pun mengajak masyarakat lain untuk menyediakan lahan untuk ketersediaan tanaman porang.

“Lahan untuk pertanian porang sejatinya di Karangasem sendiri banyak tersedia, namun kendala nya ialah dana. Saya sedang berusaha mencarikan owner atau mungkin sebuah perusahan yang mau bekerjasama dengan masyarakat yang sudah siap dengan lahan untuk budidaya porang dan owner tinggal dana untuk produksi Porang tersebut, adapun sistem yang digunakan adalah sistem dengan bagi hasil setelah produksi, Karena dikarangasem banyak lahan milik masyarakat yang tidak begitu produktif sehingga disini perlu sebuah terobosan” Ungkap Suastika, Kamis (25/3).

Baca Juga :  VIRUS CORONA: ROBERT KARDINAL BORONG SELURUH HASIL KEBUN, PEDAGANG TERHARU,

Suastika yang juga berprofesi sebagai Advocate sangat bersemangat untuk mencari cara bagaimana tanaman porang dapat dibudidaya di Karangasem.

Bahkan nantinya jika dirinya sudah berhasil menemukan pendana untuk pertanian porang, maka ia akan mentargetkan 2000 hektar dengan penanaman sebanyak 40.000 bibit porang /hektare.

Sementara Wakil Bupati Karangasem Wayan Artha Dipa diketahui sudah melirik budidaya porang. Terbukti, saat Rabu (24/3) lalu Wabup Artha Dipa bersama Kadis Pertanian kabupaten Karangasem I Wayan Supandhi didampingi staf teknis belajar budidaya porang kualitas ekspor ke Kabupaten Madiun.

Baca Juga :  BALI OPEN INTERNATIONAL: PESILAT BULELENG JAWARA NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI I

Pemerintah Kabupaten Karangasem ingin membangun pertanian yang tangguh dan mandiri dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani sebagai implementasi visi-misi menuju Karangasem Era Baru.

 

Sumber : Jarrakpos Official
Editor : kurnia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here