Berita

Angkat Kuliner Lokal Klungkung, Forkom Dewi Klungkung Adakan Festival Kuliner

SEMARAPURA, jarrakposbali.com | Dalam mendukung dan memperkenalkan kuliner khas Klungkung, Forum Desa Wisata Klungkung adakan festival kuliner Dewi Klungkung, acara dibuka oleh Bupati Klungkung I Nyoman. Suwirta, bertempat di Pantai Tegal Besar, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Jumat (26/8/2022)

.

Festival Kuliner Dewi Klungkung, diadakan selama 3 hari dari 26 Agustus 2022 sampai 28 Agustus 2022, dimana acara juga dimeriahkan oleh artis lokal Bali, sebagai pendukung dari pagelaran Festival Kuliner Dewi Klungkung ini.

Terhitung ada 16 Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dari masing-masing desa wisata di Klungkung yang ikut berpartisipasi dalam festival diberi tajuk ‘Tegalsari Negari – Energy of the Sea’. Pokdarwis masing-masing desa wisata akan diberikan stan yang akan ditempati para anggotanya memperkenalkan kuliner khasnya beserta produk-produk UMKM-nya.

Bupati Suwirta mengatakan acara ini menjadi kolaborasi Desa Wisata yang ada di Kabupaten Klungkung, dimana semua Desa Wisata memiliki kuliner yang khas, ditempat inilah ditunjukan baik dari kualitas maupun kuantitas sehingga bisa membangkitkan dan memajukan semua kuliner yang ada.

Baca Juga :  Disdikpora Buleleng Harap Siswa Gunakan Akun belajar.id
  Jarrak Travel

“Berikan pelayanan yang sebaik-baiknya, baik itu rasa, harga, maupun pelayana yang berkualitas,” Ujar Bupati Suwirta

Bupati Suwirta juga berharap kedepannya acara ini akan dilanjutkan dan bergilir ke desa wisata yang ada.

“Dari acara ini kita mulai, kita harapkan Festival ini akan bergilir dilaksanakan di tempat Desa Wisata yang ada di Kabupaten Klungkung untuk memperkenalkan kuliner di  masing-masing Desa Wisata,” pungkasnya.

Ketua Panitia Dewi Klungkung Kuliner, I Gusti Ngurah Murthana mengungkapkan,  kuliner menjadi suguhan utama pada festival kali ini. Menurutnya, setiap desa memiliki budaya kuliner yang bisa menjadi sebuah daya tarik wisata. Gusti Ngurah Murthana menuturkan, selain produk kuliner, panitia juga membuka partisipasi dari pelaku UMKM selain makanan.

Baca Juga :  Gelar PKKMB, Undiksha Larang Perploncoan

Selain pelaku UMKM dari Pokdarwis masyarakat sekitar juga diberi kesempatan untuk berpartisipasi. Sehingga dengan demikian diharapkan festival memberikan dampak yang lebih luas terhadap perputaran ekonomi.

“Kita berharap festival ini bisa memberi semangat desa wisata di Klungkung bisa semakin maju dan bisa bersaing,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata Kabupaten Klungkung, I Wayan Malendra, mengungkapkan melalui daya tarik kuliner masing-masing desa wisata diharapkan menjadi awal masyarakat untuk lebih mengenal desa wisata di Kabupaten Klungkung.

Sehingga selanjutnya menarik minat mereka untuk mengenal daya tarik desa wisata lainnya seperti keindahan alam maupun tradisi budayanya diharapkan dapat mempererat hubungan seluruh desa wisata yang ada di Klungkung untuk terus bersinergi memajukan desa wisata di Kabupaten Klungkung. (Tude).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: