Berita

Hari Ini Puncak Karya Angasti Puja Atma Wedana di Puri Anyar

DENPASAR, jarrakposbali.com ! Puncak yadnya Angasti Puja Atma Wedana “Ngajum Puspa” di Puri Anyar Kesiman, yang merupakan kediaman Anak Agung Ngurah Rai Santika, berlangsung hari ini, Jumat (26/8/2022).

Sebelum acara puncak, didahului dengan prosesi yadnya yang diikuti oleh segenap komponen masyarakat Kesiman, termasuk tokoh Adat dan tokoh politik.

Tokoh Puri Anyar Kesiman Anak Agung Ngurah Rai Santika kepada jarrakposbali.com mengatakan, rangkaian yadnya Ngajum Puspa, Kamis 25 Agustus 2022, merupakan rangkaian Karya Angasti Puja Atma Wedana Maligia Punggel.

Yadnya ini diselenggarakan oleh Desa Adat Kesiman yang puncaknya dilangsungkan Jumat (26/8/2022) hari ini. Acara puncak dilakaanakan di pesisir pantai Padanggalak, Kesiman.

Baca Juga :  Laksanakan Patroli Dialogis Sat Samapta Polres Klungkung Ajak Masyarakat Patuhi Prokes

“Prosesi puncak yadnya diawali Mepeed (iring-iringan) dari Puri Agung Kesiman, Mamundud Ida Batara Lingga, Sangge, Puspa, Ubon-Ubon dan Uparengga Lainya menuju Payadnyan di Padanggalak, Kesiman,” terang Rai Santika, Kamis (25/8/2022).

  Jarrak Travel

Kemudian dilanjutkan prosesi mebanten Sumping Keladi. Prosesi ini dikaksanakan mulai sebelum matahari terbut. Dilanjutkan dengan Ngajum Duwe, Melaspas Puspa,Titi mamah, Purwa Daksina, Rsi Bujana, Utpeti, Stiti, Wewalian, Baris Puniya,Topeng Side Karya. Berlanjut keesokan paginya prosesi Ngeliwet, Pralina hingga Nganyut ke segara.

Sejumlah tokoh yang hadir pada prosesi yadnya ini sebagai upasaksi diantaranya, Wakil Gubernur Bali, Cokorde Sukawati, Anak Agung Ngurah Agung Wira Bima dari Puri Denpasar yang merupakan putra sulung Ida Cokorde Denpasar.

Hadir pula putra Raja Sulawesi Paduka Laode, tokoh Griya Taman Ida Bagus Gede Udiyana, yang juga Mantan anggota DPRD Bali, Bandesa Tonja, serta sejumlah anggota DPRD Provinsi Bali dan DPRD Kota Denpasar. Nampak hadir pula CEO Jarrak Media Group I Putu Sudiartana yang juga pernah menjabat sebagai anggota Komisi III DPR RI.(x)

Pewarta : Gunadi

Baca Juga :  TEGAKKAN DISIPLIN PROKES COVID-19: POLDA BALI DUKUNG PEMPROV BALI

Editor : Dewa Darmada

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: