Berita

Potensi dan Keunikan Desa Guwang, Sukawati, Gianyar, Bali

GIANYAR, jarrakposbali.com | Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal akan keindahan alam dan keunikan budaya yang dimiliki, hal lain yang menjadi ciri khas Bali adalah keramahtamahan penduduknya yang menjadi faktor pendukung kepopularan Pulau Bali. Bali dengan segala keunikan dan keindahan alam yang tersebar di setiap kabupaten menjadikannya terkenal dan memiliki banyak julukan dari wisatawan, salah satunya yaitu The Island of Paradise.

Salah satu daerah di Bali yang terkenal memiliki potensi dan keunikan alam ialah Desa Guwang. Perkembangan pariwisata dan teknologi menimbulkan adanya perubahan dalam beberapa aspek, namun tidak dengan Desa Guwang yang tetap melestratikan budaya lokal dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh desa, baik itu sumber daya alam, maupun sumber daya manusia. Dimana Desa Guwang sendiri memiliki beberapa destinasi wisata yang indah dan unik, namun belum banyak diketahui oleh wisatawan, salah satunya yaitu Hidden Canyon Beji Guwang, Hidden Mini Zoo, Pasar Seni Guwang, Taman Lebah (Taman Asoka), Pengrajin Patung serta berbagai UMKM yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Sumber daya alam yang melimpah tidak telepas dari sumber daya manusia dan teknologi yang semakin berkembang menjadikan berbagai jenis kegiatan dapat dilakukan untuk pengembangan potensi suatu desa, salah satunya yaitu dengan kegiatan KKN PPM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) yang dilakukan oleh mahasiswa Politeknik Negeri Bali yang diikuti oleh 81 mahasiswa dan dimulai sejak 07 Juli 2022 – 20 Juli 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar serta komunikasi dan bersosialisasi.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: 1 POSITIF CORONA, GANG TEGALWANGI PADANGSAMBIAN KELOD DI-LOCKDOWN

Kegiatan KKN ini dijalankan dengan beberapa program kerja, dinataranya:

1. Pemetaan dan Pengembangan Potensi Desa Guwang

Kegiatan yang dijalankan dalam hal ini yaitu promosi desa wisata di Desa Guwang melalui video promosi. Video promosi tersebut lebih di fokuskan pada destinasi wisata yang menjadi keunikan dan keunggulan Desa Guwang. Video promosi tersebut dilakukan di 5 main destination di Desa Guwang, diantaranya Hiden Canyon Beji Guwang yang dimana terdapat ngarai yang terbentuk akibat adanya erosi aliran sungai yang secara alami selama ratusan tahun menimbulkan terbentuknya ngarai yang ada di aliran Sungai Guwang. Hidden Mini Zoo berdiri secara tidak sengaja, dimiliki oleh pemuda asli Guwang yang senang mengoleksi binatang, dan memutuskan untuk mendirikan mini zoo. Pasar Seni Guwang, merupakan tradisional market yang menjual berbagai jenis souvenir mulai dari lukisan, kain, baju, tas dan berbagai pernak pernik hiasan rumah. Taman Asoka merupakan taman lebah dengan tambahan edukasi yang diberikan kepada pengunjung terkait dengan pemeliharaan dan perawatan lebah dan madu. Video promosi tersebut di publikasikan melalui media sosial (youtube, Instagram) dengan tujuan untuk memperkenalkan Desa Guwang kepada masyarakat luas, serta untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung, secara tidak langsung pariwisata dan perekonoian masyarakat akan meningkat.

Baca Juga :  RABU ABU: “APABILA KAMU BERPUASA, JANGANLAH MURAM MUKAMU SEPERTI ORANG MUNAFIK”
  Jarrak Travel

Berikut merupakan beberapa dokumentasi kegiatan survey lokasi, mewawancarai serta proses take video yang dijalankan selama kegiatan KKN Video promosi tersebut dapat dilihat melalui link berikut:  Link Ini

2. Pendamping dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

Kegiatan pemberdayaan masyarakat dijalankan dengan menjalankan kegiatan Pembinaan dan Pelatihan UMKM mengenai Digital Marketing dan Pembukuan Sederhana. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat lokal yang memiliki usaha kecil dan menengah. Pelatihan tersebut bertempat di Ruang Rapat Perbekel Desa Guwang pada tanggal 16 Juli 2022 dengan narasumber dari dosen Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali dan narasumber dari Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali.

Kegiatan pelatihan dan pembinaan UMKM ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat penualan serta target pasar dari banyaknya UMKM di Desa Guwang melalui media digital yang sedang berkembang dan akan terus berkembang. Tujuan lain yaitu untuk meningkatkan kepekaan UMKM terkait seberapa pentingnya pembukuan yang rapi dan sesuai dengan metode yang sesederhana mungkin.

3. Pembangunan Infrastruktur

Program kerja yang dilakukan yaitu dengan pembangunan infrasutruktur berupa plang attention yang diletakkan di depan Pura Dalem dan area entering Hidden Canyon. Hal lain yang dijalankan, yaitu pemberian 1 set tempat sampah dan 1 set alat kebersihan yang di peruntukkan bagi Desa Guwang dalam menambah infrastruktur desa dalam hal kebersihan. (JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: