1
Connect with us

Berita

PARIWISATA: BUKIT TRUNYAN, MOZAIK TERINDAH BALI YANG BELUM DIBERI PERHATIAN

Published

on

TRUNYAN-JARRAKPOSBALI.COM – Selama ini dunia menggenal Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, karena memiliki kuburan unik. Yakni jenazah tidak dikubur melainkan dibaringkan saja di bawah sebuah pohon besar. Sehingga kerangkanya menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Ternyata Trunyan juga memiliki potensi lain di bidang pariwisata yang tidak kalah menarik. Bahkan potensi ini diklaim menjadi satu-satu poin bukit yang bisa menikmati keindahaan empat gunung sekaligus.

Seperti apa mozaik baru yang menjadi primadona bagi Trunyan dan Bali? Mozaik baru yang semakin menambah daya tarik Trunyan di mata para wisatawan adalah Puncak Bukti Trunyan.

Puncak Bukit Trunyan memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncak indah tersebut memerlukan waktu hanya 45 menit dengan berjalan kaki dari Desa Trunyan.

Puncak Bukit Trunyan merupakan sebuah mozaik terindah yang bakal diburu para wisatawa dari seluruh dunia. Karena di atas Puncak Bukit Trunyan, wisatawan atau pengunjung bisa melihat empat gunung sekaligus yakni Gunung Batur, Gunung Abang, Gunung Agung (ketiga gunung ini ada di Bali) serta Gunung Rinjani di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bukan hanya itu, di Puncak Bukit Trunyan, mata pengunjung juga bakal dimanjakan dengan panorama indah yang disuguhkan Danau Batur dan laut di perairan Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

Baca Juga :  Hari Kebangkitan Nasional, Bangkit Kembali dari Pandemi

Tim JBM TV Minggu (28/6/2020) bersama rombongan Toya Devasya Spring Water Park, Toyabungkah, yang dipimpin langsung bigbosnya DR I Ketut Mardjana, melakukan tracking ke puncak bukit tersebut. Saat itulah, mozaik keindahan dunia itu terungkap oleh JBM TV bersama JMG.

Di sanalah terungkap bahwa mozaik terindah Puncak Bukit Trunyan baru dikembangkan tahun lalu oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Mahardika. POKDARWIS Mahardika ini dibentuk oleh kaum muda Desa Trunyan dengan anggota sekitar 200 orang. Kemudian bigboss Toya Devasya Spring Water Park, DR I Ketut Mardjana, yang juga Ketua BPC PHRI Kabupaten Bangli dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Bangli, langsung sebagai Pembina POKDARWIS Mahardika yang mengelola objek wisata baru Puncak Bukit Trunyan.

“Saya sebagai Ketua BPC PHRI Kabupaten Bangli memiliki tanggung jawab terhadap lokasi ini. Apalagi anak-anak muda Trunyan begitu bersemangat membangun desanya, ya saya dukung dan bina mereka agar bisa mengelola kawasan Puncak Bukit Trunyan dengan baik,” ucap DR Mardjana, Minggu (28/6/2020) di Puncak Bukit Trunyan.

Mantan pimpinan Kantor Pos Pusat Jakarta itu mengakui bahwa hingga saat ini ada sejumlah kendala yang masih menjadi penghambat pengembangan kawasan Puncak Bukit Trunyan. Yaitu akses jalan yang belum memadai terutama jalan langsung dari wilayah Kabupaten Bangli ke Puncak Bukit Trunyan.

Baca Juga :  PROTES BIAYA RAPID TEST: SOPIR TRUK JAWA-BALI, NGLURUG DPRD BULELENG

Diceritakan DR Mardjana, akses jalan yang selama ini dipakai wisatawan adalah dari wilayah Karangasem dan Klungkung. “Infrastruktur jalan yang belum memadai. Karena jalan ke Bukit Trunyan malah dari wilayah Karangsem dan Klungkung, kalau dari Bangli langsung malah tidak ada. Harapan kami Pemkab Bangli bisa memperhatikan akses jalan ke Bukit Trunyan,” paparnya.

Sementara itu Sekretaris POKDARWIS Mahardika, Sudana Yasa, menceritakan awal mula mereka mengelola Kawasan itu menjadi objek wisata yang kini mulai diburu pengunjung lokal maupun mancanegara.

“Awalnya, kami melihat orang sering ke sini kemah. Akhirnya kami berpikir bahwa tempat ini potensial bagaimana kalau dikelola sehingga menjadi objek wisata resmi. Maka kami sama teman-teman mulai mengelolanya,” cerita Sudana Yasa.

Maka sejak tahun 2019 lalu mereka membentuk POKDARWIS Mahardika dengan Pembina DR I Ketut Mardjana. “Pak Ketut kini membantu kami mengembangkan kawasan ini. Untuk saat ini beliau membantu lima buah tenda dan membantu dua unit toilet dengan masih-maisng berisikan dua kamar mandi,” papar Sudana Yasa dibenar Kuliah, Wakil Ketua POKDARWIS Mahardika.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

VIRUS CORONA: KEMENKES TETAPKAN BIAYA RAPID TEST TERTINGGI RP 150 RIBU

Published

on

By

JAKARTA-JARRAKPOSBALI.COM – Keluhan masyarakat tentang biaya selangit rapid test selama ini direspon Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Sebagai respon terhadap keluhan masyarakat itu, Ditjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akhirnya menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/2875/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Test Antibodi.

Terus berapa biaya rapid test versi Kemenkes RI? Berdasarkan SE ini bahwa tarif tertinggi rapid test sebesar Rp 150.000.

Baca Juga :  SEBUAH CATATAN: MEREKAM JEJAK DESA BALI NURAGA DI LAMPUNG

“Batasan tarif tertinggi sebagaimana dimaksud pada angka 1 berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriktaan rapid test antibodi atas permintaan sendiri,” demikian bunyi salah satu poin SE yang ditandangani Dirjen Pelayanan Kesehatan pada Kemenkes, Bambang Wibowo tertanggal 6 Juli 2020 tersebut seperti dilansir WE Online.

Masih menurut SE tersebut disebutkan bahwa pemeriksaan rapid test antibodi dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dan berasal dari fasilitas pelayanan kesehatan.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: 449 PMI ASAL BULELENG JALANI PROSES REPATRIASI

“Fasilitas pelayanan kesehatan atau pihak yang memberikan pelayanan pemeriksaan rapid test antibodi dapat mengikuti batasan tarif tertinggi yang ditetapkan,” bunyi poin terakhir SE.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

Continue Reading

Berita

BESOK GUBERNUR BALI TINJAU PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI BEBERAPA OBJEK WISATA

Published

on

By

DENPASAR-JARRAKPOSBALI.COM – Besok Bali masuk dalam era baru yang disebut tatanan kehidupan era baru atau lazim disebut new normal.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Bali telah menggelar Upacara Pamahayu Jagat dalam rangka Penerapan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru di Bali bertepatan dengan Purnama Kasa, Minggu (5/7/2020) di Pura Agung Besakih.

Dua hari kemudian, Selasa (7/7/2020) dilanjutkan melaksanakan rapat yang diikuti Bupati/Walikota, Wakil Ketua DPRD dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) se-Bali di Gedung Gajah, Jaya Sabha, Denpasar. Seluruh peserta menyepakati untuk secara resmi melaksanakan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru mulai Kamis (9/7/2020).

Untuk memastikan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru berjalan dengan baik, maka Kamis (9/7) besok Gubernur Bali bersama Forkopimda akan melaksanakan peninjauan langsung ke sejumlah objek wisata.

Baca Juga :  Bangunan Senilai Rp 24,7 Miliyar, Kapolda Bali Resmikan Apartemen Polri

Sebelumnya, Gubernur Bali telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3355 Tahun 2020 tentang Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru. Hal ini diungkapkan Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, Rabu (8/7/2020) siang di Denpasar.

“Besok Gubernur bersama Forkopimda akan melaksanakan peninjauan lapangan terkait penerapan protokol tata kehidupan era baru. Beberapa objek yang akan dituju diantaranya Bali Safari Marine Park di Gianyar, Kertagosa di Klungkung, Mall Beachwalk dan Pantai Kuta, Badung,” ungkap Dewa Indra seperti dilaporkan Humas Pemprov Bali.

Baca Juga :  SEBUAH CATATAN: MEREKAM JEJAK DESA BALI NURAGA DI LAMPUNG

Kata Dewa Indra, pemberlakuan Tatanan Kehidupan Era Baru tersebut dilaksanakan mengingat dampak pandemi COVID-19 sudah cukup lama tanpa ada kepastian kapan akan berakhir. Oleh karena itu, pemerintah perlu bersikap untuk menghidupkan kembali aktivitas perekonomian di Bali yang terpukul karena terhentinya sektor pariwisata.

“Saya mohon agar dalam melaksanakan aktivitas tetap menerapkan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru secara tertib, disiplin, dan dengan rasa penuh tanggung jawab, seperti selalu memakai masker/pelindung wajah, menjaga jarak, tidak berkerumun, rajin mencuci tangan, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta menjaga daya tahan tubuh,” pintanya.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

Continue Reading

Berita

UPDATE PENANGGULANGAN COVID-19 RABU, 8 JULI 2020

Published

on

By

DENPASAR-JARRAKPOSBALI.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali menyampaikan perkembangan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di Provinsi Bali per Rabu (8/7/2020).

Dari data yang disampaikan GTPP COVID-19 Provinsi Bali menyebutkan bahwa jumlah pasien positif bertambah 31 orang WNI terdiri dari 30 Transmisi Lokal dan 1 Imported Case. Secara kumulatif total pasien positif berjumlah 1.971 orang.

Baca Juga :  SEBUAH CATATAN: MEREKAM JEJAK DESA BALI NURAGA DI LAMPUNG

Sementara jumlah pasien yang telah sembuh sampai saat ini sejumlah 1.079 orang. Hari ini bertambah 45 orang WNI pasien transmisi lokal yang sembuh.

Jumlah pasien yang meninggal untuk hari ini tidak ada. Sehingga secara kumulatif sampai hari ini berjumlah 25 orang (23 orang WNI dan 2 orang WNA).

Pasien positif dalam perawatan (kasus aktif) berjumlah 867 orang yang dirawat di 14 rumah sakit, dan dikarantina di Bapelkesmas, UPT Nyitdah, Wisma Bima, Hotel Ibis, Hotel Gran Mega dan BPK Pering.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: GTPP BULELENG SEGERA VERIFIKASI SURAT PERMOHONAN RUMAH IBADAH

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

Continue Reading

Trending