1
Sen. Sep 28th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

TES CPNS: MASYARAKAT BISA PANTAU LANGSUNG

2 min read

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dipastikan berjalan dengan transparan dan akuntabel. Bahkan, pada tes tahun ini masyarakat dapat memantau secara langsung pelaksanaan tes yang berlangsung selama tiga hari itu.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buleleng I Gede Wisnawa saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (28/1/2020).

Lebih jauh, Wisnawa mengatakan nantinya di lokasi CAT Kantor Regional (Kanreg) X Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Denpasar akan disediakan layar monitor yang menampilkan pelaksanaan tes CPNS. Dari sana para keluarga atau kerabat yang mengantar bisa memantau pelaksanaan tes CPNS secara keseluruhan.

Baca Juga :  RAT PRIMKOP KARTIKA JAYA, DANDIM TABANAN BILANG RAT JANGAN HANYA RUITINITAS

“Mereka bisa melihat mulai dari start awal mereka mengerjakan soal sampai mereka finish mengerjakan soal, dan nilainya sudah terpampang langsung di sana,” jelas Wisnawa.

Namun, Wisnawa menerangkan pemantauan hanya dapat dilakukan melalui layar monitor tersebut. Sedangkan pada ruang pelaksanaan CAT hanya boleh dimasuki oleh peserta dan panitia dari pihak BKN. “Siapapun tidak boleh masuk ketika mereka sudah mulai melakukan tes,” tegasnya.

Selain itu, Wisnawa menegaskan pula pada pelaksanaan tes tahun ini tidak akan ada celah untuk melakukan kecurangan bagi peserta. Hal tersebut dapat dipastikan karena sebelum memasuki ruang pelaksanaan tes, para peserta akan melalui pemeriksaan ketat baik secara manual maupun dengan alat seperti scanner dan metal detector.
“Tidak boleh membawa barang satupun, kecuali identitas mereka ya ada KTP dan kartu peserta,” tegasnya.

Baca Juga :  LIGA ITALIA: GENOA DIBANTAI INTER 0-3 DI KANDANG SENDIRI

Disinggung terkait jumlah formasi dan pelamar pada penerimaan CPNS 2019 Pemkab Buleleng, mantan Sekretaris Dewan Kabupaten Buleleng itu mengatakan terdapat 358 formasi dengan 6.627 peserta. Selain itu, Wisnawa menambahkan terdapat 6 peserta yang merupakan lulusan P1/L SKD CPNS 2018.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, tes SKD CPNS Pemkab Buleleng 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 13 Februari 2020.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *