BeritaBulelengDaerahHiburanSeni Budaya
Trending

Pekan Apresiasi Seni, Ajang Obati Kerinduan Seniman

SINGARAJA, Jarrak Pos BaliPekan Apresiasi Seni (PAS) diharapkan mam[u menjadi ajang untuk mengobati kerinduan para seniman Buleleng untuk tampil di atas panggung.

Acara PAS ini diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng sebagai wadah bagi seniman agar kembali tampil diatas panggung.

Seusai rencana PAS akan dilaksanakan setiap hari Sabtu malam atau malam minggu, mulai 7 Mei 2022 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bung Karno di Kelurahan/Kecamatan Sukasada.

Gelaran yang jadwalnya telah rampung itu didukung Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana; karena dapat menjadi pemantik semangat para seniman untuk kembali tampil.

“Saya harap Pekan Apresiasi Seni bisa menjadi ruang bagi para seniman di Buleleng untuk tampil,” ujarnya saat menerima audiensi Dinas Kebudayaan Buleleng di Rumah Jabatan Bupati Buleleng.

Bupati Buleleng menambahkan agar Dinas Kebudayaan bisa memanfaatkan panggung yang ada di RTH Bung Karno dengan baik.

Banner Iklan Sariksa

Putu Agus Suradnyana juga menyarankan beberapa tempat di RTH Bung Karno untuk dijadikan tempat beberapa kegiatan yang bermanfaat.

“Selain panggung utama, di bagian air mancur juga bisa dimanfaatkan untuk Lomba Cipta Lagu Cagar Budaya. Intinya dimanfaatkan saja dengan baik. Tetap berkoordinasi dengan dinas terkait,” imbuhnya lagi.

Baca Juga :  Terungkap! Ini Pelaku Vandalisme Pura Gubug Danau Tamblingan

PAS akan berlangsung selama bulan Mei hingga Juli

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng, I Nyoman Wisandika; mengatakan jika acara PAS sudah terjadwal pada bulan Mei hingga Juli.

Selama tiga bulan itu, pentas seni akan diisi oleh sanggar maupun komunitas seni di Buleleng.

Sejak dilakukan koordinasi, sanggar dan komunitas seni yang ada di Buleleng memang sangat antusias menyambut kegiatan.

“Bahkan akan ada kolaborasi seni dari SMA Muhammadiyah Surabaya yang pada bulan Juni akan melakukan studi banding ke Sanggar Seni Santi Budaya,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng.

“Kami akan fasilitasi baik gong maupun kostum penari jika memang dibutuhkan,” terang I Nyoman Wisandika.

Diadakan juga beberapa kegiatan pendamping

Selain Pekan Apresiasi Seni, akan diadakan juga Lomba Cipta Lagu Cagar Budaya dan fragment tari dari siswa SMA/SMK di Buleleng.

Baca Juga :  Sobean Mart di RTH Bung Karno

Disebutkan bahwa ada enam peserta yang akan mementaskan fragmen tari di bulan Juni serangkaian dengan Bulan Bung Karno.

“Ada empat tema nanti yang akan dibawakan. Diantaranya Rai Srimben, Puputan Jagaraga, Perang Banjar, dan Jayaprana Layonsari,” terang mantan Sekretaris BKPSDM ini.

Tiga sanggar ikut pawai pembukaan PKB

Disamping itu, terkait dengan pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB), Kabupaten Buleleng akan tampil pada pertengahan Juni.

Ada tiga sanggar seni yang akan berpartisipasi yakni Gong Kebyar anak-anak Padepokan Seni Dwi Mekar, dan Gong Kebyar Wanita dari Sanggar Wahana Santhi Desa Umajero,

Selan itu ikut berpartisipasi juga Gong Kebyar Dewasa dari Sanggar Seni Eka Wakya Kelurahan Paket Agung.

Disamping itu, Dekranasda Buleleng dan Sekaa Angklung Don Kutus dari Desa Sari Mekar juga akan mengikuti pawai seni tersebut. (fJr/yuk/JP)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button
%d blogger menyukai ini: