Berita

Luar Biasa ! Pengunjung Tumpah Ruah Diacara Penutupan Dewi Klungkung Kuliner

SEMARAPURA, jarrakposbali.com | Antusias warga masyarakat Klungkung benar-benar sangat luar biasa terhadap pagelaran Dewi Klungkung Kuliner,  ini terlihat pada acara penutupan Dewi  Klungkung Kuliner,. yang bertempat di Pantai Tegal Besar,Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Minggu (28/8/2022) malam.

Acara yang diadakan selama 3 hari dari 26 Agustus 2022 sampai 28 Agustus 2022, benar-benar mempunyai kesan dan makna tersendiri bagi masyarakat Klungkung.

Ada 16 Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dari masing-masing desa wisata di Klungkung yang ikut berpartisipasi dalam festival diberi tajuk “Tegalsari Negari Energy Of The Sea”. Dan menariknya, gelaran festival ini semakin meriah dengan pertunjukan belasan musisi kondang Bali.

Menurut keterangan dari ketua panitia acara I Gusti Ngurah Murthana, disela – sela acara  menyampaikan bahwa acara ini di dukung oleh 16 Pokdarwis dari seluruh Desa Wisata yang ada di Kabupaten Klungkung.

“Sejumlah menu khas Klungkung ditampilkan seperti, Babi Guling Mek Subur, Babi Kriuk Mek Sunadri, Bebek Goreng Nyalian, Lawar Bebek Tepi Carik, Betutu Bakas, Nila Nyatyat Bakas, Nasi Sela Aan, Laklak Secret Waterfall, Lawar Cumi Akah, Ayam Srobsob, Ikan Bakar, Sop Kepala Ikan, dan Sate Be Pasih, Ledok Nusa Penida dan menu khas klungkung lainnya,”Ujarnya.

Baca Juga :  Pariwisata Bali Kembali Mengeliat, Seiring Pelonggaran Yan Diberikan Pemerintah
  Jarrak Travel

Kendati mengedepankan produk , panitia juga membuka partisipasi dari pelaku UMKM selain makanan. Selain pelaku UMKM dari Pokdarwis tersebut masyarakat sekitar juga diberi kesempatan untuk berpartisipasi. Sehingga dengan demikian diharapkan festival memberikan dampak yang lebih luas terhadap perputaran ekonomi.

“Kita juga membuka untuk masyarakat lokal yang penting punya usaha (warung),” ucapnya.

Menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi, Rahman mengungkapkan seluruh menu yang disajikan akan mendapat kurasi (uji) dari panitia sehingga setiap makanan telah layak dan aman untuk dikonsumsi.

“Selama festival juga akan disuguhkan beberapa kegiatan menarik seperti demo memasak, demo barista, hingga aksi flairing dan juggling,”imbuhnya.

Baca Juga :  Apel Gelar Pasukan, Kapolri Tekankan Prokes dan Strategi Antisipasi Kemacetan

Ditambahkanya juga bahwa  pagelaran festival ini akan semakin meriah dengan pertunjukan belasan musisi kondang Bali. Sebut saja penyanyi Bagus Wirata, Dewi Pradewi, [XXX] Band, Gede Bagus, Bayu KW, Dek Arya, Alin Dukuh, Eka Jaya, Gek Diah, D’Go Vasva Tison, dan pelawak Dogler & Denok.

Lebih menariknya lagi dalam acara Klungkung Dewi Culinary 2022 ini akan ditampilkan pula sesi Cooking Demo dari chef chef terkenal seperti Chef Hendra Mahina, Chef Agus Marta, Chef Agung Samudra, Chef Eka Saputra, Chef Adi Yuliawan, Chef Hovit Yusmanjia. Ada juga Barista Demo, Flairing & Juggling by Ngurah Aditya.

“Saya  berharap di masa mendatang festival ini bisa menjadi agenda rutin pemerintah daerah, sehingga desa wisata di Kabupaten Klungkung bisa semakin maju dan bersaing dengan desa wisata lainnya,”pungkasnya.(Tude).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: