Berita

Sangeh Menjadi Prioritas Wisata Tahun 2020

Program Pembangunan Desa Sangeh Akan di Prioritas di Tahun 2020 oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta terkait dengan Obyek wisata Tirta Taman Mumbul

Mangupura – JARRAKPOSBALI.com – Setelah selesai merenovasi tahap pertama obyek taman wisata alam Sangeh, kemarin Senin, 28/10/2019 dilaksanakan Upacara Pecaruan dan Pemelaspasan yang dipuput oleh lima sulinggih.Adapun fasilitas yang berhasil dibangun dengan dana tujuh milyar tersebut meluputi patung hanoman besar dikelilingi kolam dan air mancur warna-warni,patung Rahwana dan Jatayu,patung Rama dan Shita,kantor pengelola dan loket karcis,Gapura,dan fasilitas lain.

Dan mulai hari ini gapura yang baru disisi timur dekat jalan utama sudah resmi bisa manfaatkan sehingga para wisatawan kembali masuk dari timur seperti sebelumnya. Sedianya upacara tersebut dihadiri oleh Bupati Badung, namun karena beliau ada kegiatan yang lebih urgent, akhirnya hanya dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Badung I Made Badera didampingi Camat Abiansemal,I Gst.Ngurah Suryajaya,S Sos. dan Kapolsek Abiansemal, Kompol Ida Bagus Mertayasa,S.AG.Dalam sambutannya, Ida Bagus Sunartha,S.Sos.selaku Bendesa Adat Sangeh mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Badung yang begitu bares, terbukti apapun permintaan masyarakat Sangeh sampai hari ini belum pernah dikecewakan.

Baca Juga :  RATUSAN ORANG TURUT MEMERIAHKAN JALAN KAKI SANTAI PASTI SEHAT DI KANWIL KEMENKUMHAM JABAR

“Titiang minta kesediaan semeton masyarakat Sangeh agar tetap menjaga rasa menyama-braya dan mendukung Bapak Bupati untuk dua periode,karena di tahun 2020,kita akan melanjutkan renovasi obyek wisata Sangeh tahap kedua serta melanjutkan pembangunan fasilitas pariwisata di Tirta Taman Mumbul.Beliau tidak tanggung-tanggung dalam pendanaan.Dana sebanyak 60 milyar rupiah akan digelontorkan tahun depa,” ujar Sunartha.

“Makanya Titiang targetkan Sangeh harus meraih 90% suara dalam hajatan Pilbup tahun 2020 nanti.Bila tidak tercapai,lebih baik Titiang akan mundur jadi Bendesa,” ungkap Ida Bagus Sunartha,S Sos.yang juga merupakan anggota DPRD Badung dari PDIP ini. Dia juga meminta seluruh warga Desa Sangeh turut mempromosikan DTW kita, baik itu obyek wisata Sangeh, maupun obyek wisata Tirta Taman Mumbul ,bukan sebaliknya.

Sementara itu Kadisparda Badung Made Badera membenarkan ucapan Bendesa Adat Sangeh yang akan melanjutkan renovasi tahap kedua tahun depan sembari berpesan agar dalam mengelola DTW Sangeh agar betul-betul transparan dan bekerja sama dengan Asita Bali sehingga Sangeh mampu menggaet wisatawan lebih banyak.Menanggapi hal itu, Made Sumohon selaku pengelola mengaku selama ini sudah menjalin kerja sama sehingga kunjungan wisatawan asing maupun domestik sudah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.Dari data kunjungan yang ia sodorkan,tahun 2016 jumlah wisatawan 93.174 orang,tahun 2017 sebanyak 104.180 pengunjung,tahun 2018 mencapai 126.836 orang,dan di tahun 2019 data yang masuk hingga bulan juni sudah memasuki angka 60.220 kepala.

Baca Juga :  HS Dillon Meninggal Saat Sedang Berbulan Madu Bersama Istrinya Di Bali

Made Sumohon yang mantan karyawan hotel ini optimis,pasca direnovasi jumlah kunjungan akan terus meningkat mengingat semakin bagusnya DTW kita di Sangeh. Dan dengan pesatnya perkembangan pariwisata kita,maka sebagian besar masyarakat Sangeh akan menikmati dampaknya,ungkap Sumohon.(Bratayasa)

Editor : Gede

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close