1
Sel. Sep 22nd, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

Kartu Indonesia Sehat (KIS)

1 min read

JARRAKPOSBALI.COM – Ni Komang Yudiati adalah seorang perawat di Puskesmas Menanga, Karangasem. Perempuan asal Desa Buyan ini membagikan kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) kepada penduduk yang kurang mampu dari segi ekonomi.Orang miskin bisa berobat gratis dengan memperlihatkan kartu KIS.

Program Departemen Kesehatan untuk pasien golongan ekonomi lemah ini berjalan lamban. Tidak seketika terbukti di lapangan kartu KIS diserahkan. Menunggu lama sekali, baru ada pendataan penduduk miskin ke desa-desa dari puskesmas setempat.Tapi tidak apalah, yang penting ada pertolongan pemerintah untuk rakyat kelas bawah ketika akan berobat.

Baca Juga :  AKTIVITAS SUBAK: KRAMA SUBAK BABAKAN KATIASA GOTONG ROYONG BERSIHKAN SALURAN IRIGASI

Ni Komang Yudiati mulanya mewawancarai calon penerima kartu KIS. Pertanyaannya di seputar gangguan kesehatan secara umum dan jumlah penghasilan masing-masing kepala keluarga. Data ini dikumpulkan untuk dibawa ke Puskesmas, Menanga. Setelah menunggu lama baru kartu KIS selesai dan dibagikan.

Jumlah penerima kartu KIS ini masih terbatas.

Kartu KIS adalah program pemerintahan Presiden Jokowi. Untuk pengobatan gratis dari pemerintah bagi rakyat kecil. Selain itu Presiden RI alumnus UGM ini juga meluncurkan kartu KIP ( Kartu Indonesia Pintar).

Baca Juga :  CATATAN HUKUM HUT KEMERDEKAAN RI 75: BELUM ADA PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK-ANAK KORBAN EKSPLOITASI POLITIK, DIMANAKAH KEADILAN?

Beasiswa untuk  anak-anak miskin untuk meneruskan sekolah. Setidak-tidaknya ada yang dikerjakan Jokowi setelah politisi ini memenangkan pemilu.

 

Penulis : I Wayan Budiartawan

Editor : Lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *