1
Sen. Sep 28th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

RSUD BULELENG SIAPKAN RUANG ISOLASI BAGI SUSPECT VIRUS CORONA

2 min read

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Direktur RSUD Kabupaten Buleleng, dr Gede Wiartana mengungkapkan, untuk menghadapi ancaman penyebaran 2019-nCoV atau yang umum disebut virus Corona, RSUD Kabupaten Buleleng telah menyiapkan ruang isolasi sebagai penanganan pertama untuk menangani suspect atau orang yang dicurigai terpapar virus tersebut.

Lebih jauh, Wiartana menjelaskan bahwa ruang isolasi tersebut dilengkapi dengan sistem bertekanan negatif berupa proses penyaringan udara yang memastikan udara yang keluar agar tetap steril dari kontaminasi penyakit. “Jadi nanti udara yang keluar dari ruang isolasi ini sudah tidak mengandung kuman,” jelas Wiartana saat ditemui di ruang kerjanya.

Selain itu, Wiartana mengatakan ruangan yang terletak di Gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Buleleng itu juga dilengkapi dengan perlengkapan lainnya baik bagi petugas seperti masker, sarung tangan, dan pakaian khusus yang semuanya bersifat sekali pakai, maupun bagi suspect seperti infus, injeksi, tabung oksigen, dan peralatan kegawatdaruratan yang lain.
Menjamin pencegahan potensi penyebaran penyakit, pihaknya juga memastikan agar ruangan isolasi tersebut dibatasi aksesnya. “Tidak boleh orang keluar masuk sembarangan, hanya petugas resmi yang merawat saja yang boleh masuk,” tegas Wiartana.

Baca Juga :  POLITIK: LAGI, KETUA DPC NASDEM BUSUNGBIU DAN JAJARANNYA RAMAI-RAMAI MUNDUR DARI NASDEM

Terkait petugas yang dikerahkan, Ia menyebutkan jajaran dokter dan tenaga kesehatan di IGD siap siaga untuk menangani suspect di ruang isolasi. “Hampir semua petugas di IGD sudah siap,” sebutnya.

Beralih ke penanganan lanjutan, supect tersebut akan diambil sample berupa hapusan tenggorokan dan hasil rontgent paru-parunya untuk selanjutnya dikirimkan ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Jakarta.
Lanjut dr. Wiartana, jika suspect yang telah diisolasi ternyata bukan terpapar virus corona, maka pihaknya akan melanjutkan penanganan hingga kondisinya stabil, untuk selanjutnya dipindahkan ke ruang penanganan penyakit infeksi untuk ditangani hingga sembuh.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: KISRUH PEMBAGIAN SEMBAKO DI KARANGASEM, INI PENJELASAN KABAGHUMAS

Namun, jika pasien tersebut terindikasi terpapar virus corona, maka pihaknya akan merujuk suspect tersebut ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar untuk menerima penanganan lanjutan. “Sementara hanya RSUP Sanglah yang dapat merawatnya” pungkas Wiartana.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *