1 PANGDAM IX/UDAYANA DEWANTARA PUJI PUNCAK BUKIT TRUNYAN - Jarrak Pos Bali
23 Oktober 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

PANGDAM IX/UDAYANA DEWANTARA PUJI PUNCAK BUKIT TRUNYAN

2 min read

TRUNYAN-JARRAKPOSBALI.COM – Puncak Bukit Trunyan mulai menyebarkan pesonannya. Pesona Puncak Bukit Trunyan mulai menarik perharian banyak pengunjung. Termasuk Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Kurnia Dewantara pun terpesona dan Kamis (30/7/2020) pagi, sang jenderal pun melakukan tracking ke spot wisata Puncak Bukit Trunyan.

Acara Pangdam Dewantara jalan-jalan ke Puncak Bukit Trunyan didampingi Ketua BPC PHRI Bangli DR I Ketut Mardjana, bersama jajaran petinggi Kodam IX/Udayana. Sementara Bupati Bangli, Made Gianyar dan jajarannya bersama masyarakat sudah menunggu Pangdam Dewantara dan rombongan di Puncak Bukit Trunyan.

Sementara itu para pemuda Desa Trunyan yang dikoordinir I Made Perdiana langsung menyambut Pangdam Dewantara dan rombongan di tengah perjalanan di hutan bentara dan menyatakan kesiapan para pemuda Trunyan untuk mengawal Pangdam Dewantara ke Puncak Bukit Trunyan.

Ketua BPC PHRI Kabupaten Bangli DR Ketut Mardjana menyatakan bahwa spot wisata Puncak Bukit Trunyan sejak tiga lalu dikelola oleh para pemuda Desa Trunyan yang tergabung dalam kelompok sadar wisata atau Pokdarwis. Spot wisata terindah di Bali ini menjadi tempat wisata utama bagi para wisatawan lokal maupun nunsantara bahkan internasional

Baca Juga :  BAGI RAPOR, SMPN 3 SINGARAJA TETAP WASPADA COVID-19

“Puncak bukti Trunyan ini sejak dikelola Pokdarwis, banyak wisatawan mulai berkunjung ke Bukit Trunyan ini,” jelas Mardjana.

Pada kesempatan itu kepada Pangdam Dewantara dan Bupati Bangli Made Gianyar, Mardjana yang owner Toya Devasya Hot Spring Water Park itu menyampaikan beberapa kendala terkait pengembangan spot wisata Puncak Bukit Trunyan. ia menyebut akses jalan yang belum ada dan akses digital yang sama sekali belum masuk di kawasan itu serta air bersih yang masih kurang.

Setelah melihat-lihat dan menikmati keindahan alam dan pemandangan yang disuguhkan Puncak Bukit Trunyan, Pangdam Dewantara pun memuji keindahan alam Puncak Bukit Trunyan. Namun diakuinya bahwa akses ke kawasan itu sebagai spot wisata masih kurang.

Pada kesempatan itu Pangdam Dewantara menyatakan kesiapan Kodam IX/Udayana untuk membantu Pemkab Bangli untuk membuka akses jalan ke Trunyan. “Saya sudah berbicara dengan Pak Bupati tentang akses jalan di sini, dan Pak Bupati bilang ada rencana membangun jalan 2021 nanti. Kami dari Kodam IX/Udayana akan membantu pembangunan. Terserah Pak Bupati, apakah dalam bentuk karya bhakti atau TMMD,” jelas Pangdam Dewantara.

Baca Juga :  PERAYAAN IMLEK 2571, WABUP SUTJIDRA: "JAGA TOLERANSI UMAT BERAGAMA UNTUK NKRI"

Pandgam Dewantara yang mantan Dandim Gorontalo itu juga mengingatkan Pokdarwis dan masyarakat Trunyan untuk tetap menjaga dan memelihara alam yang telah memberikan penghidupan bagi mereka.

Bupat Bangli, Made Gianyar, yang turut menyambut kehadiran Pangdam Dewantara, menyatakan bahwa pihaknya sudah merencanakan untuk membangun akses jalan sepanjang 2 kilometer yang akan menghubungkan Desa Songan dengan Desa Trunyan tahun 2021 mendatang. Ia meminta masyarakat Trunyan untuk tidak membuang sampah plastik di kawasan itu.

Sementara itu Ketua Pemuda Banjar Trunyan, Desa Trunyan, I Made Perdiana dan Ketua Pokdarwis Bukit Trunyan I Wayan Inu Madi mengucapkan banyak terima kasih kepada Pangdam Dewantara yang telah hadir di spot wisata Puncak Bukit Trunyan serta kesediaan TNI yang akan membantu pembangun akses jalan ke kawasan itu.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *