Berita

Baru Dilauncing, JSDDD Jadi Magnet Pemkot Lhokseumawe Study Tiru Ke Jembrana

JEMBRANA, jarrakposbali.com | Program Jembrana Satu Data Dari Desa (JSDDD) yang di launcing Pemkab Jembrana beberapa waktu lalu berhasil menjadi magnet bagi Pemkot Lhokseumawe, Provinsi aceh untuk datang melaksanakan study tiru di Kabupaten Jembrana.

Kunjungan Kerja (kunker) Pejabat Walikota Lhomseumawe Dr. Drs. Imran, M.Si, Cd beserta rombongan disambut hangat Bupati Jembrana di Ruang VIP Bupati Jembrana, Selasa (30/8/2022).

Kunker Pemkot Lhohseumawe ke Kabupaten Jembrana kali ini bertujuan untuk melakukan study tiru terkait pengolahan sampah dan Jembrana Satu Data Dari Desa (JSDDD) yang merupakan sistem satu data daerah yang hanya ada di Kabupaten Jembrana.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba, pada kesempatan itu menjelaskan bagaimana manfaat JSDDD bagi Pemkab Jembrana dalam menyusun kebijakan baik dibidang pembangunan maupun pelayanan kepasa masyarakat.

Dimana JSDDD ini memuat seluruh data masyarakat Jembrana meliputi data kependudukan dan sosial ekonomi, sehingga dapat disaring untuk memperoleh data yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Terima Perwakilan BPKP Provinsi Bali
  Jarrak Travel

“JSDDD adalah data istimewa yang kita miliki, dan program ini juga merupakan sistem satu data daerah yang saat ini hanya ada di Kabupaten Jembrana”, terangnya.

Seperti beberapa waktu lalu, secara khusus Bupati Tamba memberikan data masyarakat kurang mampu dengan usia produktif untuk didaftarkan sebagai tenaga kerja di perusahaan besar dibidang produsen linting rokok (Mitra Prodin) yang membutukan ribuan tenaga kerja.

Plt Kadis Kominfo Jembrana I Made Yasa secara teknis menjelaskan, JSDDD awalnya merupakan data SDGS yang ditambahkan berbagai variabel seperti data kemiskinan data sosial, serta dari data yang dibutuhkan oleh masing – masing OPD, hingga nantinya mampu menyajikan data yang dibutuhkan.

“Nantinya, siapapun yang ingin mengetahui kondisi Jembrana dari tingkat desa misalnya data kependudukan, pertanian, dan potensi yang kita miliki bersumber dari satu data”, jelasnya.

Baca Juga :  LAKALANTAS: MIO VERSUS TRUK, 1 TEWAS, 1 LUKA BERAT

Sementara itu, Walikota Lhokeumawe juga mengungkapkan ketertarikannya tentang inovasi pengelolaan satu data yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Dirinya mengaku sangat antusias dan mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab Jembrana dalam mengkoordinasikan data yang ada di Kabupaten Jembrana.

Menurutnya, program ini bisa menuju ke arah kebijakan pemerintah pusat untuk menyatukan semua data baik dari tingkat Desa atau Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga ke tingkat Kementrian atau Lembaga yang ada ditingkat Pemerintah Pusat.

“Ini upaya yang sangat luar biasa, menuju kearah kebijakan pemerintah untuk menyatukan semua data”, ungkapnya.(x)

Penulis : Angga

Editor : Dewa Darmada

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: