BadungBeritaDaerah

Kantor Imigrasi Ngurah Rai Gelar Pemusnahan Arsip Fisik Substantif Keimigrasian

BADUNG, jarrakposbali.com | Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai menyelenggarakan kegiatan Pemusnahan Arsip Fisik Substantif Keimigrasian yang dihadiri oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Anak Agung Gde Krisna, Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Wisnu Nugroho, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Bali, Mamur Saputra, Pejabat Administrasi dan Pegawai di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai,.Rabu (31/8/2022).

Dalam laporannya Plh. Kepala Bidang Teknologi Informasi Keimigrasian, Putu Suhendra menyampaikan Pemusnahan Arsip Substantif Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dilaksanakan sesuai dengan ketentuan pasal 66 Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. “Pemusnahan arsip ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan ruang arsip yang memadai pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dan untuk terciptanya tata kelola arsip yang baik secara kelembagaan melalui efisiensi penyusunan arsip”, jelas Putu Suhendra

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Bali Ikuti Senam Bersama Secara Virtual

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Sutoyo dalam sambutannya menyampaikan seiring berjalannya waktu, kapasitas ruang penyimpanan arsip semakin terbatas sehingga dirasa perlu dilakukan penyusutan arsip dengan cara dilakukan pemusnahan arsip yang telah melebihi masa retensi sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 35 Tahun 2013 tentang Jadwal Retensi Arsip dan Prosedur Penyusutan Arsip di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai akan melakukan pemusnahan berupa arsip Berkas Permohonan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI) periode tahun 2019 sejumlah 17.590 serta Berkas Permohonan Izin Tinggal Kunjungan perode tahun 2019 sejumlah 50.269 dokumen”, jelas Sutoyo.

  Jarrak Travel

“Dengan dilaksanakannya pemusnahan arsip ini diharapkan terciptanya tata kelola kearsipan di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai yang tertib, efisien, dan sesuai dengan aturan atau kaidah kearsipan yang berlaku”, lanjut Sutoyo

Kepala Biro Umum, Anak Agung Gde Krisna dalam sambutannya menyampaikan bahwa arsip merupakan rekaman kegiatan yang mempunyai manfaat sebagai bahan pengambilan kebijakan, bukti akuntabilitas kinerja, memori dan identitas serta bahan pertanggungjawaban karena arsip merupakan jejak sejarah. Agung Krisna juga menegaskan biro umum sebagai pembina kearsipan akan mendorong seluruh Unit Pelaksana Teknis pada Jajaran Kanwil Kemenkumham Bali untuk melakukan tata kelola kearsipan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Dukung Asean Workshop Creative Economy di Bali

“Pemusnahan Arsip harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur mulai dari proses penilaian sampai dengan persetujuan sehingga terciptanya tata kelola kearsipan secara umum dengan tertib, efesien dan tertata sesuai dengan aturan yang berlaku”, ucap Agung Krisna.

“Terima Kasih saya ucapkan kepada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai atas konsistensinya dalam melaksanakan pemusnahan Arsip”, tutup Anak Agung Gde Krisna. (Tude)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: