BeritaBulelengDaerahInternasionalOlahraga
Trending

Desak Rita Lolos Olimpiade Paris 2024

Atlet Indonesia Kedua Yang Lolos Olimpiade 2024

SINGARAJA, jarrakposbali.com – Atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi; berhasil mendapatkan tiket untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024.

Desak Rita memastikan diri lolos ke Olimpiade 2024, setelah berhasil meraih medali emas nomor speed di IFSC Climbing World Championship atau Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC yang berlangsung di Bern, Swiss pada Kamis, 10 Agustus 2023 waktu setempat.

Pada babak final, atlet asal Kabupaten Buleleng, Bali ini berhasil membukukan waktu 6,49 detik mengalahkan Emma Hunt, atlet dari Amerika Serikat; yang mencatatkan waktu 6,67 detik.

Suksesnya merebut medali emas serta lolos ke Olimpiade 2024 membuatnya merasa gembira. Apalagi medali emas ini merupakan yang pertama kali didapatkannya di kejuaraan dunia.

Atlet 22 tahun ini pun tak bisa menyembunyikan kegembiraannya dan berterima kasih atas dukungan tim serta seluruh masyarakat Indonesia.

Prestasi di IFSC Climbing World Championship ini Desak Rita persembahkan sebagai kado untuk kemerdekaan RI ke-78 yang akan diperingati pada 17 Agustus 2023.

Desak Rita usai berhasil menempuh waktu 6,49 detik dan berhasil kunci tiket Olimpiade 2024

Desak Rita usai berhasil menempuh waktu 6,49 detik dan berhasil kunci tiket Olimpiade 2024. Foto: twitter.com/ifsclimbing.

“Ini adalah medali emas pertama saya di kejuaraan dunia dan saya senang karena mendapat tiket ke Olimpiade Paris 2024,” ujarnya dikutip dari rilis IFSC.

“Saya Desak Made Rita Kusuma Dewi mempersembahkan emas di World Championship dan mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024 untuk hari ulang tahun negara Indonesia yang ke-78,” lanjutnya lagi dalam rilis FPTI.

Dari catatan hasil perlombaan, tercatat bahwa atlet panjat tebing Buleleng ini konsisten di catatan waktu 6 detik dari babak perdelapan final sampai final.

Di babak perdelapan final, ia mencatatkan waktu 6,70 detik. Kemudian di babak perempat final mencatatkan waktu 6,64 detik. Pada babak semifinal membukukan waktu 6,48 detik. Dan di babak final 6,49 detik.

Atlet muda Indonesia ini juga tercatat sebagai atlet Indonesia kedua setelah Arif Dwi Pangestu, atlet panahan; yang terlebih dahulu memastikan diri lolos dan atlet perempuan Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. (fJr/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button