Badung

Disperinaker dan Dekranasda Badung Study Tiru Ke Kota Makassar

BADUNG, jarrakposbali.com | Komitmen Pemerintah Kabupaten Badung meningkatkan, inovasi, pengembangan keterampilan, serta daya saing industri lokal dengan mengoptimalkan fungsi sentra IKM dan UMKM sebagai upaya peningkatan nilai tambah, mutu, kualitas produk IKM dan UMKM Kabupaten Badung, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung bersama TP. PKK, Dekranasda Kabupaten Badung dan pengrajin Kabupaten Badung melaksanakan kunjungan studi tiru dan komparasi ke Kota Makassar.

Rombongan yang berjumlah 94 orang dipimpin langsung Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Badung Putu Eka Merthawan bersama Nyonya Seniasih Giri Prasta diterima di Ruang Auditorium Gedung TP. PKK Kota Makassar oleh Asisten Pemerintahan Kota Makassar Andi Muh Yasir, Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kota Makassar Arin Ariesta, anggota Dekranasda Kota Makassar dan Anggota TP. PKK Kota Makassar, Selasa (9/7).

Tujuan dari studi tiru ini untuk mempelajari best practices yang diterapkan oleh industri-industri yang ada di Kota Makassar. Fokus utamanya adalah pengembangan industri kreatif, pengelolaan tenaga kerja, serta pemanfaatan teknologi dalam proses produksi sandang dan pangan.

“Kunjungan ini merupakan upaya kami untuk terus belajar dan mengadopsi berbagai inovasi yang bisa diterapkan di Kabupaten Badung. Kami berharap dapat membawa pulang berbagai ilmu dan inspirasi untuk meningkatkan kualitas produk lokal IKM dan UMKM meningkatkan Ekonomi dan kesejahteraan tenaga kerja di daerah kami,” ujar Kadis Perinaker Putu Eka Merthawan.

Disampaikan juga bahwa kunjungan studi tiru dan komparasi ini dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan industri di Kabupaten Badung. Dengan mengadopsi berbagai inovasi dan strategi yang telah terbukti berhasil di Makassar, diharapkan industri lokal di Badung dapat semakin berkembang dan berdaya saing tinggi terutama bidang sandang dan pangan. Pertukaran pengalaman ini juga diharapkan dapat memperkuat program serupa di Kabupaten Badung termasuk didalamnya program pemberdayaan perempuan dan pengembangan produk kerajinan yang telah berhasil diimplementasikan di Makassar.

Ketua TP. PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta berharap bisa  melihat banyak potensi yang bisa dikembangkan dari hasil kunjungan ini. Sinergi antara pemerintah, pengrajin, dan masyarakat sangat penting untuk mewujudkan industri kreatif yang berdaya saing tinggi.

Asisten Pemerintahan Kota Makassar Andi Muh Yasir menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan penghargaaan atas dipilihnya Kota Makassar sebagai lokus pelaksanaan studi tiru. Ucapan selamat datang disampaikan kepada Ketua TP. PKK yang juga selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Badung beserta rombongan di Kota Makassar. Bagi Pemerintah Kota Makassar momentum ini tidak hanya sebagai pemilihan lokus kunjungan melainkan juga sebagai upaya sinergitas dan bentuk kerjasama antar pemerintah daerah untuk memajukan dan memunculkan potensi-potensi, memberikan inspirasi, serta motivasi dalam rangka Pembangunan Daerah pada umumnya dan pembangunan Industri Kecil Menengah pada khususnya.

Selanjutnya rombongan berkesempatan  mengunjungi sentra IKM dan UMKM  di Lantai 2-3 Gedung TP. PKK Kota Makassar untuk melihat langsung hasil produksi produk IKM dan UMKM Kota Makassar serta manajemen yang diterapkan. Produk IKM Makassar ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi pengrajin Kabupaten Badung dalam berinovasi serta mengelola usaha mereka.(jpbali).

Editor : Putu Gede Sudiatmika.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button