BeritaBulelengDaerahPariwisata
Trending

Empat Pantai di Buleleng Akan Jadi Entry Point Dolphin Watching

SINGARAJA, jarrakposbali.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng berencana membuat entry point (titik masuk) untuk kegiatan dolphin watching (melihat lumba-lumba).

Entry point ini rencananya akan berada di empat pantai yakni Pantai Penimbangan, Pantai Happy, Pantai Celuk Agung, dan Pantai Binaria Lovina.

Rencana adanya entry point ini juga didiskusikan bersama empat kepala desa dan empat kelian desa adat terkait, dari Desa Baktiseraga, Desa Tukadmungga, Desa Anturan, dan Desa Kalibukbuk.

Pembahasan rencana ini berlangsung dalam rapat koordinasi (rakor) pada hari Jumat, 19 Mei 2023 pukul 09.00 WITA di Ruang Rapat Dinas Pariwisata Buleleng.

Kepala Dispar Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara; menyebutkan bahwa adanya entry point ini akan menyasar grup wisatawan dari Pulau Jawa yang kebanyakan berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Kita menyepakati bahwa Pantai Penimbangan, Pantai Happy, Pantai Celuk Agung, dan Pantai Binaria Lovina, menjadi entry point bagi wisatawan dolphin watching,” ujarnya.

Bantu tingkatkan PAD

Dalam rakor tersebut, menghasilkan kesepakatan bahwa pada keempat pantai tersebut akan membentuk pengelola yang akan mendapat pelatihan dari Dispar Buleleng mengenai manajemennya.

Pengelola di empat pantai tersebut, nantinya akan bekerja sama juga dengan Himpunan Pramuwisata khusus Melihat Lumba-lumba sebagai jembatan untuk anggota, masyarakat, dan pemerintah.

Dengan harapan akan membentuk satu persepsi mengenai harga, paket wisata, hingga pemberian keuntungan bagi masyarakat lokal sekitar.

Dody Sukma menjelaskan bahwa upaya pembentukan entry point ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

“Selain juga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sebesar-besarnya dengan komuniti best tourism,” ujar Dody.

Mengenai realisasi entry point di empat pantai ini, Dody Sukma menyebutkan bahwa rencana ini akan segera terealisasikan pada akhir bulan Mei 2023 ini.

Dan pada awal bulan Juni, Tim Pemasaran Dispar Buleleng akan pergi ke Pulau Jawa untuk mempromosikan entry point dolphin watching yang juga salah satu pariwisata Buleleng.

“Segera. Entry point ini segera kita proses di akhir bulan ini (Mei), awal Juni akan kami promosikan hal itu ke Jawa,” jelasnya.

“Segera kita proses untuk tata kelola dan manajemen kelembagaannya,” pungkas Kadispar Buleleng itu. (fJr/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button