BeritaDaerah

Hanan A Rozak dan Kementan Gelar Bimtek Penyuluhan Bagi Petani Penggerak Pembangunan Pertanian Desa di Tubaba

Tulang Bawang Barat-JP – Anggota DPR RI Hanan A. Rozak bersama Kementrian Pertanian (Kementan) menggelar bimibingan teknis (Bimtek) penyuluhan bagi petani penggerak pembangunan pertanian desa mandiri di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), pada Sabtu (6/7/2024).

“Petani di desa kita menghadapi sejumlah tantangan yang menghambat produktivitas dan kesejahteraan mereka. Kurangnya akses ke pendidikan dan pelatihan, penguasaan teknologi, regenerasi petani dan banyak lagi”, kata Hanan di hadapan ratusan ketua kelompok tani ( Poktan) dan kelompok wanita tani (KWT).

Foto; rec.dok

Hanan menyampaikan generasi muda cenderung kurang tertarik untuk bekerja di sektor pertanian, menyebabkan populasi petani yang menua. Kurangnya minat ini sering kali disebabkan oleh persepsi bahwa pertanian tidak menguntungkan dan kurang prestisius.

“Saat ini usaha tani kurang menjanjikan dan tidak menjamin kesejahteraan, sehingga banyak generasi milenial memilih bekerja di sektor non pertanian. Sehingga sektor pertanian menghadapi krisis tenaga kerja dan SDM pertanian,” lanjut Hanan.

Foto; rec.dok

Hanan meminta kepada Balai Penyuluh Pertanian untuk membantu mengenalkan dan membimbing petani dalam penerapan teknologi pertanian seperti smart farming.

Para Narasumber dalam Bimtek ini berasal dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementrian Pertanian yang memberikan materi-materi penyuluhan bagi petani.

Hanan berharap melalui Bimtek ini, para peserta bersama penyuluh dapat menjadi penggerak pertanian di desanya masing-masing. Hanan menyampaikan dirinya bersama Kementrian telah melaksanakan Bimtek penggerak pertanian di beberapa Kabupaten di Provinsi Lampung. /SA

Red

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button