BeritaBulelengDaerahPolitik
Trending

Kawal Suara, 4.450 Saksi TPS Disiapkan Golkar Buleleng

SINGARAJA, jarrakposbali.com – Mempersiapkan hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) II Golkar Kabupaten Buleleng menyiapkan 4.450 orang yang akan terjun dan mengawal suara partai berlambang beringin di 2.275 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Badan Pemenangan (Bapilu) Golkar Buleleng, I Nyoman Gede Wandira Adi; menjelaskan ribuan orang saksi itu akan diberikan pelatihan untuk mengawal tahapan pemungutan hingga penghitungan suara pada Pemilu 2024.

Pelatihan pertama, saksi yang diberikan pelatihan merupakan saksi yang bertugas di wilayah Daerah Pemilihan (dapil) Buleleng 1 atau Kecamatan Buleleng. Yang selanjutnya akan berlangsung bertahap di delapan dapil atau kecamatan lainnya di Buleleng.

Wandira menyebutkan bahwa di tiap TPS, Golkar Buleleng akan menerjunkan masing-masing dua orang saksi.

“Dengan jumlah tersebut diharapkan tidak ada kecurangan di TPS,” ungkap Wandira di sela-sela pelatihan saksi untuk Kecamatan Buleleng pada Senin, 25 Desember 2023.

Para saksi ini, lanjut Wandira, diberikan tugas pokok untuk mengawasi potensi kecurangan yang terjadi di TPS, mencegah Golkar mendapat kerugian. Tentu juga untuk mengamankan target suara di Buleleng di atas 20 persen.

“Selain dibekali materi teknik pengawasan di TPS, saksi juga diberikan pendidikan politik terkait keberadaan Partai Golkar dari masa ke masa. Juga memperkenalkan profil caleg yang akan bertarung di Pemilu 2024,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPD II Golkar Buleleng, IGK Kresna Budi; menegaskan jika perekrutan dan pelatihan saksi merupakan keharusan sesuai dengan amanat partai, juga menguatkan dukungan di masyarakat.

Kresna Budi juga mengatakan bahwa pemilu dapat berjalan lancar, apabila semua pihak dapat ikut mengawal dan mengawasi jalannya proses dan tahapan pesta demokrasi.

“Kami berharap dari Bawaslu juga melakukan pengawasan yang sama untuk mewujudkan pemilu yang umum, bebas dan rahasia,” ujarnya.

Pada pelatihan saksi ini, tampak hadir juga caleg Golkar dari dapil Buleleng 1, yakni Ratna Jelita, I Nyoman Gede Wandira Adi, Gede Arthana, Nyoman Dhukajaya, Ketut Widari, Putu Devi Udayanti, dan Dewa Kadek Budi Arta.  (fJr/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button