BeritaBulelengDaerahPolitik
Trending

KPU Buleleng Pastikan TPS Ramah Disabilitas

Serta Dorong Partisipasi Pemilih Pemula

SINGARAJA, jarrakposbali.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng memastikan bahwa Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan ramah bagi penyandang disabilitas.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana; pada hari Rabu, 31 Mei 2023 di Sasana Budaya, Kabupaten Buleleng.

Untuk membuat TPS yang ramah bagi penyandang disabilitas, KPU Buleleng bersama Badan Ad Hoc telah melakukan pendataan terkait wilayah di desa dan kecamatan di Buleleng yang terdapat pemilih difabel.

Bersama Badan Ad Hoc, mereka juga menyiapkan fasilitas bagi para difabel untuk melakukan pemilihan di TPS nanti.

“Persiapan-persiapan untuk memfasilitasi teman-teman yang mengalami disabilitas sudah kami lakukan dalam hal penyiapan TPS yang lebih ramah kepada kaum disabilitas,” jelas Dudhi.

Selain berkaitan dengan pemilih difabel, Dudhi menjelaskan bahwa pihaknya juga mengajak para pemilih pemula untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024 nanti.

Apalagi saat ini tercatat sebanyak 46.599 orang pemilih pemula di Kabupaten Buleleng pada data Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang memiliki hak untuk memilih calon pemimpin.

Namun Dudhi menyebutkan bahwa data tersebut dapat berubah secara dinamis mengingat masih ada pemutakhiran data untuk menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Dari 46.599 orang pemilih pemula tersebut juga akan dinamis lagi seiring dengan berjalannya waktu untuk pemuktahiran data pemilih,” jelasnya.

“Jadi tidak menutup kemungkinan ada lagi pemilih yang akan kita muktahirkan kembali sehingga daftar pemilih pemula ini akan bertambah kembali,” tambah Dudhi.

Ketua KPU Buleleng ini menjelaskan dengan adanya kehadiran pemilih pemula dan penyandang disabilitas tentu berpengaruh besar terhadap hasil Pemilu mendatang.

Dudhi menuturkan akan terus mengupayakan sosialisasi dan perhatian terhadap pemilih disabilitas, dan pemula sehingga partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 bisa meningkat. (fJr/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button