Berita

Oknum PNS Di Jembrana Menipu Seorang Warga

JEMBRANA, Jarrakposbali.com |Salah satu masyarakat melaporkan seorang Oknum PNS atau Pegawai Negeri Sipil Jembrana ke Mapolres Jembrana. Dari informasi yang diperoleh, oknum PNS tersebut berinisial GL.

Awalnya, tersangka meminjam uang kepada salah satu warga di Desa Tegal Badeng Timur, untuk digunakan modal awal pengadaan Smartphone jenis Tablet, pada beberapa tahun lalu. Direncanakan uang yang dipinjam sebesar Rp 196 juta akan disalurkan ke sekolah, yang belakangan proyek tersebut diketahui berasal dari Komjen China.

“Benar ada laporan itu. kita masih dalam proses sidik dan memanggil pelaku,” kata Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Androyuan Elim, saat dikonfirmasi, Sabtu malam, 17 Juni 2023.

Kasat Elim juga menjelaskan, jika pelaku GL sudah berstatus tersangka, karena diduga telah melanggar pasal 378 dan 372 KUHP tentang penggelapan dan penipuan. Soal tidak dilakukan penahanan, dikatakan hal tersebut tergantung penyidik.

“Sudah berstatus tersangka, untuk penahanan itu kewenangan penyidik, penangkapan dan penahanan itu kan upaya terakhir. Kalau kasus penggelapan kan harus ada pembuktian. Jadi, ada proses penyidikan,” terangnya.

Soal kerugian yang diderita korban sebesar Rp 166,5 juta, yang kemudian akan diarahkan ke Restorative Justice (RJ), Kasat Elim mengungkapkan hal itu tergantung dari korban.

“RJ itu kan bukan dari kita. Namun, itu tergantung korban, harus ada pengembalian kerugiannya, lalu ada perdamaian, terus dia melakukan permohonan, baru kita teliti dulu syarat formil dan materilnya terpenuhi atau tidak. Jika sudah terpenuhi, baru kita lakukan RJ,” pungkasnya. (red).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button