Berita

Program Berkunjung dan Berbagi TP PKK Bali Sambangi Desa Tigawasa Buleleng

Perhatikan Tumbuh Kembang Anak ,Pj Ketua TP PKK Bali Serukan Semua Pihak Ngrombo Atasi Stunting 

BULELENG, jarrakposbali.com | Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny drg. Ida Mahendra Jaya kembali melaksanakan program Berkunjung dan Berbagi TP PKK Provinsi Bali yang kali ini menyambangi Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng pada Jumat (26/4/2024).

Bertempat di Balai Desa setempat, Ny. Ida Mahendra Jaya mengajak masyarakat terutama para orang tua untuk menaruh perhatian penuh pada masa tumbuh kembang anak lewat pola asuh dan memastikan anak mendapatkan asupan gizi yang cukup. “Ibu-ibu rajin ke posyandu? Usahakan untuk sempatkan diri ke posyandu untuk memantau tumbuh kembang anak sehingga gizinya terpenuhi dan terhindar dari stunting,” kata Ny. Ida Mahendra Jaya.

Lewat program Berkunjung dan Berbagi yang rutin digelar TP PKK Provinsi Bali ini, pendamping orang nomor satu di Pemprov Bali ini menyebutkan bahwa sinergi bersama ‘Ngrombo’  dengan segenap stakeholder akan terus diupayakan. “Terimakasih untuk Pemkab Buleleng, juga terima kasih kepada para orang tua, tenaga kesehatan yang merawat para balita dengan baik dan saya berharap bantuan ini bisa dipergunakan dengan baik,” tukasnya.

“Kepada TP PKK dan Posyandu Dahlia Desa Tigawasa saya titip partisipasinya untuk aktif memonitor, memaksimalkan pelayanan dasar dan deteksi dini pada balita berpotensi stunting,” tambahnya lagi.

Dirinya juga  berharap  data balita penerima bantuan guna penanganan stunting terus dilaporkan progres perkembangannya secara berkala untuk dievaluasi lebih lanjut.

Sementara itu, Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana dalam sambutannya mengatakan, sebelumnya, angka stunting di Kabupaten Buleleng mencapai angka 11,20 persen dan menjadi yang tertinggi di Bali. “Angka tersebut berhasil diturunkan secara signifikan. Tahun ini stunting di Kabupaten Buleleng hanya ada di angka 2,7 persen,” katanya.

Karenanya, ia mengaku sangat gembira dan menyambut baik upaya seperti program ‘Berkunjung dan Berbagi’ yang mampu mengakselerasi penanganan stunting terutama di Buleleng.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Putu Sumardiana dalam kesempatan tersebut mensosialisasikan pentingnya asupan gizi yang tepat untuk tumbuh kembang anak terutama di masa kehamilan hingga usia balita. “Menurut penelitian, kandungan Omega 3 pada ikan terbukti berperan besar dalam tumbuh kembang anak dan pertumbuhan otak mulai dari masa kehamilan,” tuturnya.

Karenanya, Sumardiana mendorong ibu-ibu untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan guna perbaikan gizi anak dan mencegah stunting atau gagal tumbuh akibat kekurangan asupan gizi.

Masih dalam kesempatan yang sama, bersama sejumlah Perangkat Daerah terkait dan PT. Bank BPD Bali, Ny Ida Mahendra Jaya menyerahkan secara simbolis bantuan berupa 50 paket yang berisi olahan ikan (abon ikan 100 gram, bakso ikan 500 gram, ikan kembung 1.000 gram, lele siap goreng 1 kilo gram) dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali.  Selain itu, penyerahan simbolis bantuan telur 500 butir dan bibit cabe 500 pohon oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali.

Masih dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan penyerahan 10 paket bantuan kebutuhan Balita (popok sekali pakai, susu, snack bayi dan minyak urut bayi) oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali dan  penyerahan simbolis 50 paket bantuan dari CSR  PT. Bank BPD Bali

Dilanjutkan penyerahan paket bantuan yang berisi beras 10 kg, telur 1 krat, susu 6 kotak dan sikat beserta pasta gigi oleh Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali kepada Balita dan penyuapan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) kepada perwakilan 5 balita.

Masih dalam rangkaian acara Menyapa dan Berbagi, Ny. Ida Mahendra Jaya mengunjungi langsung sejumlah balita berisiko stunting di desa Tigawasa. Pertama Kadek Ridwan (2 Tahun 20 bukan) di Banjar Sanda, Desa Tigawasa, lalu Ni Kadek Rukmawati (2 tahun 10 bukan) di Banjar Uma Sendi, Desa Tigawasa.

Rombongan juga mengunjungi Kadek Candra Denata (1 tahun 7 bulan) di Banjar Uma Sendi, Desa Tigawasa dan Ni Kadek Trisnayanti ( 3 Tahun 8 bukan) di Banjar Uma Sendi, Desa Tigawasa jenis kelamin perempuan. Ny Ida Mahendra Jaya dalam kunjungan tersebut menyerahkan paket bantuan yang berisi beras 10 kg, telur 1 krat, susu 6 kotak dan sikat beserta pasta gigi, serta memastikan ke depan para anak tersebut akan terus dipantau kesehatan, tumbuh kembang dan angka kecukupan gizinya.

Total, terdapat 50 orang anak yang mendapatkan bantuan lewat program ‘Menyapa dan Berbagi’ kali ini dengan rincian di Desa Tigawasa 39 orang, Desa Cempaga 5 orang, dan Desa Pedawa 6 orang. Jumlah ini ditambah bantuan CSR Bank BPD Bali untuk balita di Desa Cempaga 12 orang, Desa Kaliasem 23 orang, Desa Sidatapa 15 orang.

Ny. Ida Mahendra Jaya dan rombongan juga berkesempatan mengunjungi Posyandu Dahlia Desa Tigawasa untuk melihat langsung aktivitas pemantauan tumbuh kembang anak di desa setempat.

Turut hadir mendampingi Pj. Ketua TP PKK Bali, Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana beserta Pj Ketua TP PKK Buleleng Ny Paramita Lihadnyana, Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Bali Putu Anom Agustina, Kepala Dinas Sosial P3A Provinsi Bali, Luh Ayu Aryani serta sejumlah kepala perangkat daerah terkait di lingkungan Kabupaten Buleleng.(mas/jpbali).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button