BeritaGianyar
Trending

Talkshow Peningkatan Inklusi

Bupati Gianyar, I Made Mahayastra Sematkan Selendang Bunda Literasi

GIANYAR, jarrakposbali.com | Pemerintah Kabupaten Gianyar bersama dengan Perpustakaan Nasional RI menggelar talkshow Peningkatan Inklusi Sosial di Balai Budaya Gianyar, Jumat (23/6/2023).

Bersamaan dengan itu juga dilakukan pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Gianyar dan 7 Kecamatan oleh Bupati Gianyar, I Made Mahayastra dengan menyematkan selendang Bunda Literasi.

Hal tersebut dilakukan guna menginspirasi masyarakat Gianyar untuk terciptanya masyarakat yang unggul dan tangguh.

Dalam sambutannya Bupati Mahayastra mengatakan dalam mendukung dan mensukseskan visi Bapak Presiden dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan tangguh.

“Literasi sendiri menjadi faktor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan pembangunan masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter,”ujarnya.

Melihat pentingnya hal tersebut, harus dibangun infrastruktur yang memadai dan dilengkapi dengan perpustakaan yang sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dimana peran perpustakaan sangat diharapkan sebagai agen pengembangan modernisasi masyarakat, dan hanya bisa diciptakan dalam masyarakat yang memiliki budaya baca tinggi.

“Sebagai masyarakat Gianyar, saya sangat bersyukur sekali sekarang sudah memiliki perpustakaan yang representatif. Terimakasih Bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, Bapak Kepala Perpustakaan Nasional RI, Bapak Deputi. Dan saya pastikan akan bermanfaat bagi anak didik kita, bagi kaum milenial, bagi sastrawan, dan tempat nongkrong yang asik,” kata Bupati Mahayastra.

Sementara itu, Kepala Perpusnas, Syarif Bando mengapresisasi kinerja yang sudah dilakukan oleh Bupati Mahayastra beserta jajaran dalam menyukseskan pembangun perpustakaan daerah dan pembangunan infrastruktur lainnya.

“Masyarakat Gianyar patut berbangga memiliki pemimpin yang tidak pernah tidur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mungkin tidak ada bupati yang dapat meningkatkan 2 kali lipat PAD,“ katanya.

Lebih lanjut dirinya mendorong agar pembangunan ini tidah berhenti, melainkan akan terus berlanjut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Gianyar.

Selain itu dirinya juga berpesan kepada generasi muda agar menggunakan waktu sebaik-baiknya dengan pengetahuan demi kemajuan diri, daerah dan bangsa ketimbang bermain media sosial.

“Kurangi-kurangi bermedia sosial, bekali otak Anda dengan pengetahuan,” pesannya.

Pada acara tersebut juga diserahkan 200 eksemplar buku bacaan dari Bunda Literasi Kabupaten Gianyar kepada Kepala Dinas Perpustakaan guna melengkapi koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan daerah.

Turut hadir Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs. Muhammad Syarif Bando, Deputi Bidang Sumber Daya Perpustakaan Dr Adin Bondar, Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar I Dewa Gede Alit Mudiarta, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Gianyar, serta Kepala OPD terkait di Pemerintah Kabupaten Gianyar.(td/jp).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button