Jembrana

Warga Temukan Penyu Hijau Mati Terdampar di Pantai Yehembang

JEMBRANA, jarrakposbali.com | Seekor penyu hijau ditemukan mati terdampar di pinggir pantai Yehembang, Banjar Pasar, Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Rabu (21/2/2024).

Ditemukan pertama kali oleh I Ketut Wirama, warga sekitar sekitar pukul 10.30 Wita. Saat ditemukan kondisi penyu hijau tersebut dalam keadaan mati dan terlihat masih segar. Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Mendoyo.

“Saya saat itu pas ke pantai lihat orang pasang jaring. Saat itu saya lihat ada bangkai penyu terdampar, kondisinya masih segar,” ujar Wirama.

Dia menduga penyu itu belum lama mati karena tubuhnya belum mengalami pembusukan. Menurutnya, ukuran penyu yang terdampar tersebut panjangnya sekitar 50 cm dan lebar sekiar 25 cm.

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali Resort Jembrana, Ahmad Januar, mengonfirmasi penemuan tersebut. Pihaknya saat ini sedang melakukan pemeriksaan luar serta mengukur kerapas penyu tersebut.

“Penyu itu jenis penyu hijau (chelonia mydas). Hasil pemeriksaan awal ukuran panjang kerapas 40 cm dengan lebar kerapas 35 cm,” papar Januar.

Januar juga menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menunggu tim dokter dari Jaringan Satwa Indonesia (JIS) untuk melakukan nekropsi terhadao bangkai penyu tersebut.

“Kondisi bangkai masih segar, jadi rencananya akan kita nekropsi,” pungkasnya.(ded)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button