BeritaBulelengDaerahPolitik
Trending

35 Bacakel Ramaikan Pilkel 11 Desa di Buleleng

Tercatat Delapan Petahana, Di Desa Dencarik Bahkan Ada Enam Bacakel

SINGARAJA, jarrakposbali.com – Sebanyak 35 Bakal Calon Perbekel (Bacakel) yang tersebar di 11 desa di Kabupaten Buleleng resmi terdata dan terdaftar untuk mengikuti Pemilihan Perbekel (Pilkel) 2023 yang pemilihannya akan berlangsung pada hari Minggu, 24 September 2023 mendatang.

Para bacakel itu antara lain Ketut Bijaksana, Putu Sukarata, dan Kadek Mariasa (Desa Banyupoh); Nyoman Sulindra, Nyoman Arya Swabawa, Nyoman Astra Adnyana, dan Nyoman Mahardana (Desa Musi).

Kemudian I Ketut Artaya dan Anak Agung Sri Wathi (Desa Tukadsumaga); Nyoman Parina, Nyoman Aswika, Ketut Sudiarsa, dan Ni Nyoman Sekarini (Desa Pangkungparuk).

Lalu Gede Hovian Firaendez, Ketut Ngurah, dan I Made Suarja (Desa Sepang Kelod); l Kadek Sutama dan I Made Wiguna (Desa Sidetapa).

Selanjutnya Ni Luh Kertawati, I Putu Riasa, Made Astawan, Made Sulastri, I Gede Susila, dan I Ketut Mertaya (Desa Dencarik); Kadek Surya Darmawan dan Putu Madia (Desa Tukadmungga).

Setelah itu Putu Budiyasa, Putu Arya Suyasa, dan drh. Ketut Sonen (Desa Sangsit); Nyoman Suartana, I Ketut Gede Dony Widhi Ariawan, Wayan Suta Tanaya, dan Putu Supadma (Desa Sembiran).

Dan terakhir Gede Arya Odantara dan Nyoman Sudika (Desa Bondalem).

Dari 35 orang tersebut, terdapat delapan orang petahana atau incumbent, yakni Ketut Bijaksana (Desa Banyupoh), Nyoman Arya Swabawa (Desa Musi), Ketut Sudiarsa (Desa Pangkungparuk), Ketut Ngurah (Desa Sepang Kelod), Ni Luh Kertawati (Desa Dencarik), Putu Madia (Desa Tukadmungga), Putu Arya Suyasa (Desa Sangsit), dan Gede Arya Odantara (Desa Bondalem).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Buleleng; Nyoman Agus Jaya Sumpena; menyebutkan bahwa tahapan pendaftaran telah berakhir pada 21 Juni yang sebelumnya pendaftaran sudah berlangsung sejak 9 Juni lalu.

“Tahap pendaftaran sudah berakhir pada 21 Juni lalu, sekarang tinggal penetapan calon sampai 9 Juli, itu untuk yang calonnya tidak lebih dari lima orang,” ujar Agus Jaya saat ditemui di Gedung DPRD Buleleng pada Selasa, 4 Juli 2023.

Agus Jaya melanjutkan, melihat Desa Dencarik yang ada enam bacakel maka mereka akan mengikuti sesi tambahan, yakni penilaian pengalaman di pemerintahan serta usia para bacakel.

“Karena di Dencarik ada enam orang, sesuai dengan keputusan Pj Bupati, ada sesi tambahan penilaian dari segi pengalaman di pemerintahan, serta usianya. Ada tes tulisnya juga,” ungkapnya.

“Nanti dinilai bobotnya berapa, satu orang akan gugur, jadi ada lima calon maksimal,” tambahnya.

Selain itu, Agus Jaya menambahkan bahwa pada Pilkel 2023 ini, Dinas PMD Buleleng melakukan dua pemilihan yakni pilkel serentak dan pilkel Pengganti Antar Waktu (PAW).

Pilkel PAW terlaksana lantaran ada empat perbekel yang mengundurkan diri karena maju sebagai calon anggota legislatif tingkat kabupaten.

Mereka antara lain I Kadek Sara Adnyana, Perbekel Desa Patas; I Ketut Winaya, Perbekel Desa Patemon; I Ketut Kusuma Ardana, Perbekel Desa Bungkulan; dan Dewa Komang Yudi Astara, Perbekel Desa Tembok. (fJr/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button