Berita

“De Gadjah”: Alumni KMHDI Pertama yang Maju di Pilgub Bali

Jarrakposbali.com, Bali – Made Muliawan Arya atau akrab disapa “De Gadjah” lahir pada 12 Mei 1981 di Denpasar, Bali. De Gadjah menamatkan sekolah menengah atas di SMAN 7 Denpasar pada tahun 1999. Pada masa transisi di era reformasi, ia melanjutkan pendidikannya di STIE Malangkucecwara, Malang, Jawa Timur di tahun 1999 hingga 2003.

Saat menempuh pendidikan sarjana di STIE Malangkucecwara, De Gadjah tergolong aktif di Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI). Keaktifannya di KMHDI ini menjadi salah satu modalnya dalam berkecimpung di dunia politik hingga saat ini.

Keaktifannya di KMHDI saat menempuh pendidikan S1 di Malang, semakin menambah kecintaannya terhadap dunia organisasi. Sepulangnya dari Malang, pria yang akrab disapa “De Gadjah” ini aktif di berbagai organisasi dengan posisi-posisi strategis.

Kiprah De Gadjah di Partai Politik

Karir politik De Gadjah dimulai dengan bergabung di organisasi sayap Partai Gerindra, yaitu Tunas Muda Indonesia Raya (Tidar) Provinsi Bali sebagai Wakil Ketua. Tidak berhenti sampai di sana, keaktifannya di masyarakat menjadi modal utamanya untuk berhasil duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar 2014-2019.

Kinerjanya yang tidak kenal lelah mengantarkan dirinya dipercaya sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Kota Denpasar periode 2017-2021. Pada Pemilu 2019, ia kembali dipercaya oleh masyarakat Kota Denpasar untuk duduk menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar 2019-2024.

Karir politik De Gadjah di partai besutan Prabowo Subianto tersebut semakin cemerlang. Pada tahun 2021, dirinya dipilih menjadi Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Bali periode 2021–2031. Ujian kepemimpinan dirinya sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Bali berhasil dilewati dengan mengantarkan pasangan Prabowo-Gibran menjadi pemenang di Bali. Bertambahnya 4 kursi di DPRD Bali juga menjadi salah satu prestasi De Gadjah.

Dirinya pun berhasil lolos menjadi Anggota DPRD Provinsi Bali dengan raihan suara tertinggi di daerah pemilihan Kota Denpasar. De Gadjah berhasil mengantongi 49.091 suara pada pemilu 2024 lalu. Perolehan tersebut sekaligus menobatkan dirinya sebagai caleg dengan suara tertinggi di Kota Denpasar.

Dari Legislatif Menuju Eksekutif

Prestasi cemerlang yang ditorehkan De Gadjah pada pemilu 2024 menjadikan dirinya salah satu figur potensial yang akan bertarung di pemilihan gubernur (pilgub) Bali pada 27 November 2024 mendatang. Hal ini diperkuat setelah pernyataan De Gadjah, bahwa partai yang menaunginya akan memprioritaskan kader untuk maju di pilkada serentak.

Belakangan, namanya disandingkan dengan Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, Anggota DPD RI dapil Bali terpilih periode 2024-2029 untuk maju menantang petahana. Pasangan Mantra – Mulia digadang-gadang akan menjadi lawan sulit bagi petahana, mengingat dua figur ini memiliki pendukung yang sangat militan.

Merespon situasi politik terkini, De Gadjah menyebutkan bahwa sebagai kader partai, dirinya siap diberikan penugasan apapun, termasuk menjadi kontestan dalam pilgub Bali mendatang. Namun tidak mau gegabah, dirinya tetap menunggu keputusan final dari DPP Partai Gerindra.

Sumber : kmhdi.org

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button