Berita

AIR MINUM MINIM, MASYARAKAT SUWUG MENJERIT

SUWUG-JARRAKPOSBALI.COM- Kurangnya air bersih di Desa Suwug, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali, membuat masyarakat setempat menderita.

Karena salah satu permasalahan yang sangat sulit yang dihadapi masyarakat Suwug. Karena ketersediaan air bersih di desa itu belum terpenuhi. Sedangkan air PAM yang dikelola desa yang merupakan sumber mata air setiap rumah tangga terbilang minim, bahkan konsumen hanya mendapat giliran air 1 jam saja dengan giliran 2 hari dengan kapasitas yang sangat kecil.

Salah satu warga di Desa Suwug, Somanadi mengungkapkan pada Selasa (25/2/ 2020) hanya mendapat giliran satu jam saja. “Tiang hanya dapat giliran 1 jam saja, ango nyakan dogen kuangan kalingan ango kayeh, bhe uli bertahun- tahun tetap kene konden ade perubahan,” katanya.

Selain itu kekurangan air bersih ini juga berdampak pada aktivitas ibu rumah tangga untuk keperluan sehari hari untuk keperluan memasak,konsumsi dan lain sebagainya.

Kata dia, masalah ini sudah berlangsung lama tetapi hingga saat ini belum dicari jalan keluarnya. “Permasalahan air bersih yang sudah bertahun-tahun adanya yang belum bisa terpecahkan selama ini. Padahal air yang merupakan kebutuhan pokok setiap masyarakat yang harus bisa lancar dan terpenuhi ,” keluhnya.

Ada kata Perbekel Suwug Ketut Suadnyana? “Kami dan petugas saat ini masih melakukan perbaikan pipa- pipa di 5 titik yang masih dalam keadaan bocor dan akan segera diperbaiki .sehingga nantinya air PAM untuk keperluan masyarakat banyak bisa diatasi,” jawab Suadnyana.

“Semoga di tahun 2020 ini bisa diselesaikan sehinga nantinya masiarakat bisa mendapatkan air cukup untuk keperluan sehari- harinya,” pungkas Perbelekl Suadnyana.

Penulis: Junior
Editor: Francelino

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button