Berita

Bupati Tamba Hadiri Karya Ngenteg Linggih Pura Desa lan Puseh Baler Bale Agung

JEMBRANA, jarrakposbali.com ! Bupati Jembrana, I Nengah Tamba hadir dalam rangkaian Karya Ngenteg Linggih Pura Desa lan Puseh Desa Adat Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jumat (25/5/2024)

Puncak karya Ngenteg Linggih jatuh pada Purnama Sadha, Rabu 22 Mei 2024 yang rangkaian upacara akan dilaksanakan hingga nyineb pada hari Minggu 26 Mei 2024.

Berbaur dengan masyarakat setempat dan sejumlah undangan, Bupati Tamba mengikuti persembahyangan bersama sekaligus ngupaksaksi upacara Dewa Yadnya tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tamba juga menyerahkan bantuan hibah Pemerintah Kabupaten Jembrana sebesar Rp 200 juta yang diterima Bendesa Adat Baler Bale Agung, I Nengah Subagia yang disaksikan seluruh undangan dan masyarakat yang hadir.

Bupati Tamba mengatakan bantuan hibah yang diberikan disesuaikan kemampuan APBD kabupaten Jembrana. Hal ini jelasnya, untuk memberikan kesamaan hak kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan upacara Yadnya.

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Jembrana hanya bisa memberikan bantuan sebesar Rp 200 juta. Karena kita sekarang memberlakukan standar pemberian bantuan ini,” ucapnya.

Bupati Tamba menyadari pelaksanaan upacara Yadnya diperlukan adanya gotong-royong seluruh umat yang menyumbangkan tenaga, waktu, pikiran bahkan materiil. Untuk meringankan hal tersebut, bantuan dari pemerintah tentunya sangat dibutuhkan.

“Hari ini masyarakat kita bahu-membahu melestarikan adat dan budaya. Adat dan budaya Bali ini sebagai salah satu yang dinikmati oleh wisatawan yang datang ke Jembrana maupun ke Bali. Astungkara atas perjuangan teman-teman di DPRD Provinsi Bali sudah mulai ada untuk pemberdayaan adat dan budaya Bali. Sehingga saat kita melaksanakan upacara Yadnya seperti ini ada bantuan turun dan tentu meringankan masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, kata Bupati Tamba, Pemerintah Kabupaten Jembrana terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggenjot pembangunan di berbagai sektor dengan harapan seluruh masyarakat dapat bekerja dan sejahtera sehingga Jembrana Emas dapat terwujud.

“Kedepan atas dukungan seluruh masyarakat, mudah-mudahan Jembrana Emas bisa tercapai. Sehingga beban untuk pelaksanaan prosesi upacara Yadnya bisa kita tanggulangi bersama, tidak ada lagi urunan, ini cita-cita yang ingin dicapai. Mohon doa restu, Jembrana Emas itu bisa tercapai,” tutupnya.

Dilain sisi, Bendesa Adat Baler Bale Agung I Nengah Subagia menyampaikan terim kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana yang ikut mendukung pelaksanaan upacara Ngenteg Linggih Pura Desa lan Puseh Baler Bale Agung. Pihaknya pun berharap, Bupati Jembrana selalu memberikan perhatian kepada Desa Adat untuk bersama-sama melestarikan adat dan budaya Bali.

“Semoga Desa Adat selalu bisa dibantu oleh Bapak Bupati, selalu bisa ngerombo membangun adat di Kabupaten Jembrana,” tandasnya.(ded)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button