BeritaBulelengDaerahHukum dan Kriminal
Trending

Menunggu Dokumen dari KBT, WNA Turki Masih Diamankan

SINGARAJA, Jarrak Pos Bali – Erhan Seckal (39), WNA asal Turki; kini menunggu dokumen resmi sebagai identitasnya dari Kedutaan Besar Turki (KBT).

Ini karena WNA Turki itu saat ditemukan di sebuah rumpon milik warga di Pantai Segara Kubutambahan, tidak membawa satu dokumen pun.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, Nanang Mustofa; kepada awak media pada hari Kamis, 5 Mei 2022.

“Pada saat ditemui, WNA tersebut sedang dirawat di Puskesmas Kubutambahan I karena saat ditemukan oleh warga sudah dalam keadaan yang sangat lemah dan dehidrasi,” terang Nanang Mustofa.

“Serta tidak membawa dokumen apapun,” imbuh Kepala Imigrasi Kelas II TPI Singaraja itu.

Dari hasil koordinasi pihak Imigrasi dengan Kedutaan Besar Turki di Jakarta, diketahui bahwa Erhan Seckal memang warga negara asal Turki.

[irp]

Sehingga saat ini sedang dibuatkan dokumen resmi sebagai identitasnya.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan awal serta koordinasi dengan Kedutaan Besar Turki di Jakarta, disampaikan bahwa WNA tersebut adalah warganya,” ujar Nanang Mustofa.

“Dan saat ini sedang disiapkan dokumen sebagai bukti identitasnya,” lanjut Kepala Imigrasi Kelas II TPI Singaraja itu.

Kini, sembari menunggu penyelesaian dokumen dari KBT dan menunggu pemulihan kesehatannya, Erhan Seckal masih dalam pengawasan dan perlindungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja.

“Masih dalam pengawasan dan perlindungan kami, sambil menunggu penyiapan dokumen serta pemulihan kesehatannya,” tutup Nanang Mustofa.

[irp]

Ditemukan diatas rumpon warga

Berdasarkan pemeriksaan dari pihak Imigrasi, WNA Turki itu mengaku terjatuh dari kapalnya yang sedang berlayar dari Australia menuju Vietnam.

Saat Erhan Seckal terjatuh, tidak ada awak kapal lain yang melihat karena posisinya saat itu sedang berada di belakang kapal.

WNA Turki itu akhirnya mengapung di tengah laut dan terdampar di rumpon serampang milik warga di sebelah Utara Pantai Segara Kubutambahan, Desa/Kecamatan Kubutambahan, Buleleng.

Hingga akhirnya ditemukan oleh saksi Gede Budiasa, yang merupakan seorang nelayan asal Desa Kubutambahan yang sedang menuju rumpon miliknya di utara Pantai Segara, pada hari Kamis, 5 Mei 2022.

[irp]

Yang saat itu sedang melewati rumpon serampang milik warga lainnya, melihat seseorang yang meminta tolong dengan cara melambai-lambaikan tangan dari atas rumpon.

Setelah didekati, ternyata ada orang asing yang sudah dalam keadaan lemas dan dehidrasi, yang kemudian ditolong dan dievakuasi ke pinggir pantai.

Korban Erhan Seckal (tengah, kaos hitam) saat dievakuasi. Foto: Ist.

Peristiwa itu lalu dilaporkan ke Polsek Kubutambahan guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Yang selanjutnya Erhan Seckal dibawa ke Puskesmas Kubutambahan 1 untuk mendapatkan perawatan.

Hingga kemudian, Tim Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja datang untuk mengamankan WNA Turki itu.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan perawatan medis, WNA asal Turki itu dibawa ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja untuk dimintai keterangan. (fJr/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button