BeritaBulelengDaerah
Trending

Pokmaswas Penimbangan Lestari Dapat Bantuan dari KKP

SINGARAJA, jarrakposbali.com – Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Penimbangan Lestari mendapatkan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Bantuan itu berupa peralatan konservasi terumbu karang senilai Rp 102.480.000 yang diberikan melalui Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, pada Jumat, 15 September 2023 pagi di Sekretariat Pokmaswas Penimbangan Lestari, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng.

Peralatan yang diterima sebanyak 13 barang dengan jumlah berbeda yang terbagi atas bcd set dan scuba set.

Kepala BPSPL Denpasar, Getreda Melsina Hehanussa; menjelaskan bahwa bantuan KOMPAK tahun anggaran 2023 menyasar Pokmaswas Penimbangan Lestari, sebagai upaya untuk melindungi, melestarikan, dan pemanfaatan sumber daya di pesisir.

Output bantuan ini, kita harapkan ada konservasi yang terus berlanjut dan makin lestari. Kemudian ada income yang didapat pokmaswas lewat bantuan yang sudah diberikan,” jelasnya usai pemberian bantuan.

Getreda melanjutkan, bahwa pihak BPSPL tentu akan melakukan monitoring penggunaan bantuan ke pokmaswas bersama Dirjen Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut, KKP; yang didampingi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, serta penyuluh yang ada di wilayah kerja mereka.

Pokmaswas Penimbangan Lestari mendapatkan bantuan peralatan konservasi terumbu karang setelah mereka juga meraih Juara 1 Pokmaswas Nasional dari KKP pada tahun 2022 lalu. Hal ini pun menjadi nilai tambah bagi mereka untuk mendapatkan bantuan.

“Pokmaswas Penimbangan Lestari ini bukan main-main, menjadi Juara 1 Pokmaswas Nasional. Dengan adanya bantuan ini semoga semangat makin tinggi, sehingga kelestarian sumber daya alam laut khususnya terumbu karang terjaga dengan baik,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Putu Sumardiana.

Pihaknya berujar akan memperjuangkan juga pokmaswas lain yang telah terdaftar agar mendapat bantuan baik secara fisik maupun dana ke pusat. Tentunya dibarengi dengan prestasi yang membanggakan dari pokmaswas.

Sementara itu, Ketua Pokmaswas Penimbangan Lestari, Gede Wiadnyana; menjelaskan bahwa bantuan peralatan konservasi terumbu karang yang diberikan KKP melalui BPSPL Denpasar akan dipergunakan sesuai dengan peruntukannya.

Yang tentunya akan dipertanggungjawabkan serta dilaporkan sesuai dengan monitoring kepada tim monitoring nantinya.

“Kami sebagai Juara 1 Pokmaswas Nasional kami tetap eksis, dan bantuan ini sebagai sebagai tanggung jawab. Jadi pemanfaatan alat ini tentu kami pergunakan dengan baik,” ucapnya.

Sebagai informasi, pokmaswas ini terbentuk pada tahun 2015 lalu, dengan fokus pada konservasi terumbu karang, lamun, penyu, dan biota laut pesisir. Juga melakukan pendampingan terhadap biota atau megafauna terdampar di pesisir Pantai Penimbangan.

Kemudian melakukan pengawasan aktivitas di kawasan perairan, monitoring ekosistem laut, monitoring biota dan inventarisasi biota. (fJr/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button