Berita

Diguyur Hujan Deras, Pagar Alas SD Negeri 1 Yehembang Kauh Ambruk

JEMBRANA, jarrakposbali.com ! Hujan deras yang mengguyur beberapa kawasan Jembrana sore tadi menyebabkan tanah SD Negeri 1 Yehembang Kauh, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, mengalami lonsor.

Akibat tanah dengan dataran tinggi longsor, menyebabkan pagar alas (tèmbok penyengker) sekolah yang berlokasi di Banjar Munduk Angrek Kaje, Desa Yehembang Kauh tersebut ambruk sepanjang kurang lebih 10 meter.

Bahkan material lonsoran menutupi separo badan jalan. Masyarakat yang melintas di lokasi diminta untuk berhati-hati, mengingat tanah di sekitar lokasi rawan longsor jika turun hujan deras.

Menurut sejumlah warga, peristiwa teraebut terjadi Rabu (16/4/2024) sekitar pukul 13.00 Wita. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, karena saat kejadian murid-murid telah pulang ke rumah masing-masing.

Selain meribohkan bangunan pagar alas, tanah yang longsor tersebut juga mengancam bangunan ruang kelas. Pasalnya tebing yang longsong saat ini hanya menyisakan jarak kurang dari 1 meter dari tembok ruang kelas. Dikuatirkan longsor kembali terjadi jika terjadi hujan deras lagi.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Pemkab Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra dikonfirmasi melalui telpon membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, peristiwa tersebut terjadi akibat hujan yang turun sangat deras.

“Ya benar, tadi kami sudah menerima laporan dari kepala sekolah terkait kejadian tersebut dan kami sudah perintahkan tim teknis untuk melakukan pengecekan ke lokasi,” terangnya.

Terkait kejadian tersebut, anak-anak/murid-murid masih tetap mengikuti kegiatan belajar di sekolah, namun pihaknya menghimbau kepada para guru di sekolah tersebut untuk waspada dan melakukan pengawasan terhadap siswa/siswinya, sehingga keamanannya terjaga.(ded)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button