BeritaDenpasarInternasional

Dorong Peningkatan Kerjasama Bali dan Rumania di Berbagai Sektor

Pj. Gubernur Mahendra Jaya Harap Parlemen Rumania Bisa Kunjungi Pesta Kesenian Bali

DENPASAR, jarrakposbali.com | Penjabat (Pj) Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya menerima kunjungan rombongan parlemen Rumania yang dipimpin Stefan Musoiu, bertempat di Jaya Sabha, Denpasar, Jumat (21/6/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya saat menerima kunjungan rombongan parlemen Rumania yang dipimpin Stefan Musoiu, bertempat di Jaya Sabha, Denpasar, Jumat (21/6).Foto.dok : Istimewa/jpbali.

Pada kesempatan ini, Mahendra Jaya menyambut baik kedatangan parlemen Rumania di Bali. Ia berharap alam, manusia dan kebudayaan Bali mampu memberikan vibrasi positif. Tak ketinggalan, Mahendra Jaya juga berharap agar Stefan Musoiu beserta rombongan bisa berkunjung ke Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024.

“Selamat datang di Bali. Semoga Bali bisa memberikan vibrasi yang positif. Saya sangat senang dan terhormat karena sudah datang ke Bali. Saat ini bertepatan juga sedang dilaksanakan Pesta Kesenian Bali. Saya berharap bapak/ibu bisa meluangkan waktu untuk berkunjung ke Pesta Kesenian Bali,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pesta Kesenian Bali (PKB) adalah parade atau festival kesenian tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Bali sebagai wadah aktivitas dan kreativitas para seniman dalam upaya penggalian, pelestarian dan pengembangan nilai-nilai seni budaya Bali yang dilaksanakan selama 1 (satu) bulan penuh.

Lebih lanjut, Mahendra Jaya mengungkapkan bahwa perekonomian Bali saat ini masih bergantung pada sektor pariwisata. Kekuatan pariwisata Bali dikatakan Mahendra Jaya karena kehidupan masyarakat Bali yang menyatu dengan adat istiadatnya. Pemerataan ekonomi dan pariwisata di Bali saat ini juga menjadi perhatian khusus Pemerintah Provinsi Bali.

“Pemerataan ekonomi dan pembangunan di sektor pariwisata menjadi perhatian lebih Kami. Selama ini menumpuk di Bali Selatan. Bali masih memiliki banyak tempat lain yang sangat bagus selain di Bali Selatan. Kami juga konsern dengan penyediaan transportasi publik yang baik untuk mengurai kemacetan yang terjadi selama ini di Bali Selatan,” ungkapnya.

Mahendra Jaya juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin baik selama ini dengan Rumania.

“Kami bersyukur atas kerjasama yang baik dengan Rumania selama ini. Kami akan terus belajar dengan Rumania baik di bidang transportasi, pendidikan maupun sektor yang lainnya,” terangnya sembari menambahkan semoga mendapatkan memori yang indah selama di Bali dan berharap rombongan parlemen Rumania bisa datang kembali ke Bali.

Sementara itu, Stefan Musoiu selaku pimpinan rombongan parlemen Rumania menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Pj. Gubernur Mahendra Jaya.

“Suatu kehormatan yang luar biasa kami bisa datang ke Bali. Saya sendiri sudah ke Bali tahun lalu. Keindahan alam, keramahan masyarakatnya membuat saya kagum. Bali merupakan salah satu destinasi wisata tujuan masyarakat Romania. Saya sangat senang bisa berada di Bali,” jelas Stefan yang pada kesempatan ini juga didampingi Ben-Oni Ardelean, member of the Chamber of Deputies of the Parliament of Rumania, member of the Commission for Foreign Policy, Christine Thellmann, member of the Chamber of Deputies of the Parliament of Rumania, member of the Friendship Group, Duta Besar Rumania untuk Indonesia H.E. Dan Adrian Balanescu, Bianca Adriana Raiu, staff of the delegation, serta Konsul Kehormatan Rumania di Bali Yoga Iswara.

Selain itu, Stefan juga menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini antara Rumania dan Indonesia khususnya Bali. Ia berharap ke depan kerjasama bisa terus ditingkatkan tidak hanya pada sektor pariwisata namun juga di berbagai sektornya.

“Terimakasih atas kerjasama yang terjalin dengan baik selama ini. Tentu ke depan kita ingin kerjasama ini bisa terus terjalin dan bisa ditingkatkan. Tidak hanya pada sektor pariwisata namun juga pendidikan, kesehatan serta lainnya. Dari perspektif ekonomi, sudah beberapa kali dibahas antara Rumania dan Indonesia. Potensi untuk ruang kerjasama kedua negara sangat kuat. Kita berharap bisa sering diskusi untuk kerjasama kedepan di segala bidangnya,” imbuhnya.

Hadir mendampingi Pj. Gubernur Mahendra Jaya diantaranya Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Bali I Wayan Serinah, Kadis Kebudayaan Provinsi Bali I Gede Arya Sugiartha, Kadis Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali I Wayan Jarta, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali I Ketut Sukra Negara.(jpbali).

Editor : Putu Gede Sudiatmika.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button