BeritaDenpasar
Trending

IB.Rai Mantra Raih Gelar Doktor Ilmu Manajemen Dengan Predikat Cumlaude

Walikota Jaya Negara Sampaikan Apresiasi, Sebut Desertasinya Berikan Manfaat Bagi Kemajuan LPD

DENPASAR, jarrakposbali.com | Walikota Denpasar Periode Tahun 2008 – 2021, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE,.M.Si secara resmi menyandang gelar Doktor Ilmu Manajemen. Gelar tersebut diraih Putra Mantan Gubernur Bali, Prof. Dr. Ida Bagus Mantra ini setelah berhasil mempertahankan Desertasi berjudul Peranan Modal Budaya Dalam Meningkatkan Kinerja Keuangan LPD di Bali Saat Covid-19 dihadapan Sidang Terbuka Promosi Doktor yang dipimpin Ketua Sidang sekaligus Ka Prodi Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Prof. Dr. Ida Bagus Anom Purbawangsa, SE, MM di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Jumat (16/6/2023).

Tim Promotor terdiri dari Prof. Dr. I Gst Bgs Wiksuana, SE.,MS, Prof. Dr. I Wayan Ramantha, SE.,MM.,Ak.,CPA, dan Prof. Dr. Niluh Putu Wiagustini, SE.,M.Si. Selanjutnya untuk Tim Penyanggah terdiri dari Dr. Henny Rahyuda, SE.,Ak.,MM, Dr. I Gde Kajeng Baskara, SE.,Ak.,MM, Dr. Sayu Ketut Sutrisna Dewi, SE.,MM.,Ak dan Dr. Ica Rika Candraningrat, SE.,MM.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kordinator Staf Khusus Presiden RI, AA Gede Ngurah Ari Dwipayana, Tim Prolegda Provinsi Bali, Prof. Dr. IB Wyasa Putra, SH.,M.Hum, Dr. Putu Yudi Wijaya, SE.,M.Si dan Dr. Drs Ida Bagus Suatama, M.Si selaku undangan akademik, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, serta undangan lainya. Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE,.M.Si dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude atau Dengan Pujian dan secara resmi menjadi Doktor ke-106 pada Program Studi Doktor Ilmu Manajemen dan menjadi Doktor ke-209 pada lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

“Saudara Promovendus Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE,.M.Si, mahasiswa angkatan 2020/2021 setelah mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut, prestasi selama mengikuti masa study, ketekunan dan kesungguhan dalam melaksanakan penelitian, hasil sidang tahap I atau ujian tertutup, cara mempertahankan desertasi, masa study dibawah tiga tahun serta telah terpublikasikannya artikel penelitian pada jurnal internasional, maka dipustuskan desertasi saudara promovendus diterima dan dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude atau Dengan Pujian,” ujar Ketua Sidang, Prof. Dr. Ida Bagus Anom Purbawangsa, SE, MM

Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra usai pelaksanaan sidang terbuka mengaku bersyukur dan berterimakasih atas pelaksanaan sidang promosi doktor telah berjalan lancar. Dimana, menurutnya penelitian ini bertujuan untuk menguraikan serta menjelaskan peranan struktur organisasi, modal budaya, risiko kredit dalam meningkatkan kinerja keuangan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali.

“Lembaga Perkreditan Desa merupakan organisasi micro finance yang berada di cakupan desa adat Bali. Secara lebih spesifik, LPD beranggotakan masyarakat adat yang sangat kental dengan budaya yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sehingga kegiatan dalam mencapai tujuan organisasi dapat dicapai melalui kolaborasi modal budaya,” ujar Rai Mantra

Lebih lanjut dijelaskan, modal budaya telah ada dan berkembang sebagai sebuah identitas masyarakat yang meliputi budaya kolektif dan budaya organisasi. Penelitian ini menjadi menarik karena menempatkan modal budaya sebagai variabel moderasi yang diperdalam melalui penelitian. Karenannya, penelitian ini menggunakan metodologi campuran kuantitatif dan kualitatif dengan tujuan untuk memperdalam temuan lapangan dalam penelitian ini.

“Setelah melakukan telaah kuantitatif, peneliti menyeleksi kasus secara spesifik pada struktur peranan modal budaya bagi organisasi. Penelitian ini menelaah secara fenomenologi karena peneliti melihat bahwa peranan modal budaya sangat krusial dalam fenomena pandemi Covid-19. Pengolahan data kuantitatif menggunakan SEM-PLS dan kualitatif dengan deep interview dengan mengolah melalui Nvivo,” ujarnya

Rai Mantra menekankan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal budaya mampu memperkuat struktur organisasi, mengurangi risiko kredit, meningkatkan efisiensi, dan kinerja keuangan LPD. Hal ini dapat diketahui lantaran dalam kondisi Pandemi Covid- 19, LPD justru melakukan pengeluaran untuk memberikan bantuan secara masif.

“Novelty yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) modal budaya merupakan bagian dari intellectual capital, (2) LPD mampu menekan konflik keagenan yang dimana menciptakan spirit kolaborasi, dan terakhir (3) LPD merupakan organisasi hybrid, satu sisi bergerak dengan tujuan finansial namun juga pada sisi sosial,” ujarnya

Sementara Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada IB Rai Dharmawijaya Mantra atas keberhasilanya mempertahankan desertasi dan meraih gelar doktor ilmu manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Tentunya keberhasilan ini menjadi angin segar dalam mendukung sekaligus merancang kebijakan untuk memajukan LPD di Bali, khususnya Kota Denpasar.

Lebih lanjut dijelaskan, LPD di Bali bukan saja sebagai organisasi ekonomi, melainkan juga sebagai organisasi sosial. Sehingga kedepan penguatan LPD merupakan sebuah keharusan. Hal ini sejalan dengan visi LPD sebagai organisasi ekonomi micro finansial.

“Selain menjadi organisasi micro finansial, LPD juga menjadi organisasi sosial yang mendukung terciptanya kesejahteraan masyarakat desa adat, dengan demikian diharapkan melalui penelitian ini dapat menjadi referensi untuk merancang kebijakan dan inovasi yang memajukan LPD itu sendiri,” kata Jaya Negara. (td/jp).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button