Gianyar

Maknai HUT Kota Gianyar Yang ke-253, Kedepankan Seni dan Budaya

GIANYAR, jarrakposbali.com | Dikenal sebagai bumi seni, pagelaran HUT Kota Gianyar selalu identik dengan pertunjukan berbagai seni dan budaya selain diisi berbagai lomba, pameran, dan acara seremonial.

Tahun ini, perayaan HUT Kota Gianyar yang ke-253 tidak dimeriahkan dengan pawai budaya dan parade baleganjur seperti tahun-tahun sebelumnya. “HUT tahun ini memang kita rancang sederhana, karena kesibukan masyarakat terkait pilpres dan pileg, untuk persiapan HUT Kota Gianyar saja baru bisa kita lakukan awal April ini,” ucap Sekda Gianyar Dewa Alit Mudiarta yang juga penangggung jawab HUT Kota Gianyar. Sebagaimana diketahui, puncak HUT Gianyar selalu diperingati setiap tanggal 19 April, namun rangkaian acara telah dimulai sejak awal April, yang tentu saja memerlukan persiapan yang matang.

Meskipun tanpa pawai budaya dan parade baleganjur, Sekda Alit Mudiarta mengatakan sama sekali tidak ada pengurangan pertunjukan seni dan budaya.

“Semua pertunjukan seni budaya masih ada, gong kebyar dewasa, remaja dan anak-anak, sendratari kolosal, lawak, pertunjukan musik dan lagu dengan musisi lokal. Hiburannya penuh dari tanggal 13 hingga 19 April,” tambahnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/4) siang.

Sekda Alit Mudiarta juga mengatakan bahwa HUT Kota 2025 akan kembali menghadirkan pawai budaya dan parade baleganjur seperti yang ditunggu-tunggu masyarakat dan seniman.

Dia melanjutkan, beberapa dinas maupun organisasi wanita juga ikut berpartisipasi dalam memeriahkan hari ulang tahun kota Gianyar dengan beberapa kegiatan dan lomba-lomba yang sudah digelar sejak awal April. Mulai dari Gerakan Pangan Murah (GPM), Penjurian Pemilihan Jegeg Bagus Duta Pariwisata Kabupaten Gianya, Lomba Barista dan Mixologi, Pameran Dagang Lokal (IKM), Job Fair dan TKM (Tenaga Kerja Mandiri), Lomba kreativitas dan aktivitas PAUD, Fun Run 5 km, Tari Pendet Massal Lansia, Tarkam Kemenpora RI, Lomba Senam Antar Kecamatan, Senam Massal OPD dan Senam PKK, Lomba Penyuluhan Kader PKK Se – Kabupaten Gianyar, Pertandingan Tenis Meja dan Bola Voly beregu, serta Lomba Burung Hari Jadi Kota Gianyar.

Bukan hanya dinas saja yang ikut mengambil bagian dalam memeriahkan kegiatan tersebut Perhimpunan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Gianyar dengan menyelenggarakan Pameran Bonsai.(mas/jpbali).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button