Berita

Mantap…! SMK Negeri 3 Negara, Didik Remaja Jadi Trampil dan Memiliki Keahlian Khusus

JEMBRANA, jarrakposbali.com ! SMK Negeri 3 Negara merupakan sekolah kejuruan yang mencetak peserta didiknya menjadi trampil, memiliki keahlian khusus dan beretitut.

 

Sekolah yang berdiri tahun 2007 tersebut berlokasi di Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, telah menjadi sekolah unggulan.

 

Sekolah ini telah banyak mencetak remaja-remaja trampil, memiliki keahlian khusus, mampu bersaing dalam dunia kerja serta telah banyak alumni ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan di masyarakat.

 

“Kami di sekolah menerapkan empat konsentrasi kealihan. Dari empat konsentrasi kealihan ini, peserta didik dicetat untuk menjadi trampil dan memiliki keahlian khusus sehingga bisa bersaing di dunia kerja, termasuk menciptakan lapangan pekerjaan,” terang Putu Sucitya, Kepala SMK Negeri 3 Negara ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/5/2024).

 

Empat konsentrasi keahlian itu menurut Sucitya diantarannya, disain komunikasi visual, tehnik komputer dan jaringan, AVAC serta tehnik audio video. Dari empat konsentrasi kealihan ini menurutnya, yang paling diminati peserta didik adalah disain komunikasi visual atau multi media.

 

Empat konsentrasi keahlian (jurusan) ini, para peserta didik diajar dan dilatih oleh tenaga-tenaga pendidik yang handal dan ahli dibidangnya. Sehingga siswa atau peserta didik yang berhasil tamat telah memiliki keahlian khusus, sebagai modal dasar untuk bekerja dan membuka lapangan pekerjaan.

 

“Yang paling membanggakan kami sebagai para pendidik, peserta didik yang sudah tamat, seratus persen telah bekerja dan ada pula yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan, sesuai keahlian yang mereka dapatkan di sekolah,” tutur Sucitya.

Dijelaskan pula, SMK Negeri 3 Negara juga memiliki konsentrasi keahlian yang tergolong langka di Bali, yakni bidang AVAC. Menurutnya konsentrasi keahlian ini hanya diterapkan oleh dua SMK yang ada di Bali.

 

“Keahlian AVAC ini sangat menjandikan di masyarakat. Keahlian ini sangat jarang ada yang memiliki, sementara kebutuhan dunia usaha dengan keahlian ini sangat tinggi. Makanya peserta didik yang memiliki keahlian ini begitu tamat sudah bisa mandiri,” imbuhnya.

 

SMK Negeri 3 Negara menurut Sucitya saat ini juga telah mempersiapkan anak didiknya untuk mengikuti program magang ke luar negeri. Untuk program ini, sekolah telah bekerjasama dengan banyak pihak, termasuk beberapa LPK di Kabupaten Jembrana.

 

Untuk tahun ini, pihaknya telah mempersiapkan sepuluh anak didiknya untuk program magang ke luar negeri. Tentunya dengan program ini, mereka nantinya bisa berpengasilan untuk kebutuhan keluarga termasuk untuk biaya melanjutkan pendidikan.

 

“Nah, lewat kesempatan ini, kami mengajak anak-anak Jembrana selepas SMP untuk bersekolah di SMK Negeri 3 Negara, kami akan didik dan latih keahlian khusus sehingga bisa langsung bekerja ataupun membuka usaha,” tutupnya.(ded)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button