Berita

Sambut Jembrana Emas 2026, Pameran IKM dan UMKM Jembrana Dibuka Bupati Tamba

JEMBRANA, jarrakposbali.com ! Pemkab Jembrana kembali mengadakan pameran industri dan kerajinan dalam rangka memeriahkan HUT ke-128 Kota Negara dan HUT ke-78 RI.

Pameran yang diadakan di Gedung Kesenian Bung Karno, ini secara resmi dibuka Bupati Jembrana I Negah Tamba bersama Wakilnya I Gede Ngurah Patriana Krisna, Minggu malam (13/8/2023)

Antusias masyarakat berbondong-bondong mendatangi pembukaan tersebut yang juga disuguhkan dengan penyanyi artis Bali dan juga lokal. Pameran IKM dan UMKM Pesta Rakyat Jembrana kali ini mengusung tema “Menuju Jembrana Emas 2026” .

Bupati Tamba mengaku sangat bahagia dapat melaksanakan pameran IKM dan UMKM Jembrana. Dirinya pun memaknai bahwa perayaan ini sebagai jalannya pemerintahan dalam suka dan duka, keberhasilan demi keberhasilan yang sudah dicapainya.

“Hari ini boleh sejenak istirahat untuk mengikuti berbagai kegiatan seni budaya yang kita miliki. Termasuk juga pameran hasil kerajinan dan hasil UMKM kita diJembrana ini,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, bahwa pameran industri dan kerajinan selalu di selenggarakan di setiap tahun tepatnya pada HUT Kota Negara. Namun, untuk saat ini kemasannya berbeda dari tahun sebelumnya.

“Kegiatan ini dari waktu ke waktu dari tahun ke tahun jadinya sudah biasa. Kita mengundang UMKM yang ada di Jembrana,” imbuh Bupati Tamba.

Hal itu menurut Bupati Tamba merupakan bagian pembelajaran bagaimana UMKM berlatih untuk menghadapi situasi-situasi kedepan untuk menyambut Jembrana Emas.

Di HUT kota negara yang ke-128, Bupati Tamba merasa bangga apa yang ia kerjakan selama kepemimpinannya bersama Wabup Patriana Krisna selalu mendapatkan dukungan dari Forkopimda dan jajaran eksekutif dan legislatif.

“Tentunya kami selalu mendapatkan support dari teman-teman eksekutif dan legislatif serta forkopimda, juga masyarakat jembrana yang saya banggakan suasana beda sekali pada hari ini tertib sekali, semangatnya sama seperti kita untuk menuju Jembrana emas 2026,” bebernya.

Ia berharap di HUT Kota Negara ke-128 ini sebagai makna menuju Jembrana Emas 2026.

“Astungkara acara yang kita kemas berjalan dengan baik, masyarakat juga tertib dan juga sangat terhibur sekali, Mudah-mudahan ini sebagai berkah di ulang tahun kota negara menuju apa yang kita cita-citakan menjadi Jembrana emas, dan menuju Jembrana bahagia bisa kita lalui dengan baik,” tandasnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana I Komang Agus Adinata, mengatakan pameran industri kecil menengah (IKM) dan UMKM Pesta Rakyat Jembrana ini, merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Perayaan pameran tahun ini sudah memasuki penyelenggaraan yang ke-17.

Agus Adinata mengungkapkan bahwa pameran industri dan kerajinan ini, akan dilaksanakan selama seminggu hingga tanggal 19 Agustus nanti. Dalam pameran tahun ini diramaikan 86 stand.

“Pameran IKM dan UMKM Pesta Rakyat Jembrana Tahun 2023 ini berlangsung mulai tanggal 13 sampai dengan 19 Agustus 2023 dengan jumlah peserta pameran 86 orang dengan jumlah Stand 86 yang terdiri dari kelompok Kelompok Stand Kuliner sebanyak 24 Stand, Kelompok Instansi sebanyak 42 Stand dan Kelompok UMKM sebanyak 24 Stand,” ujarnya.

Agus Adinata menambahkan, dalam rangka pemulihan perekonomian menuju Jembrana Emas 2026, pengembangan sektor IKM sangat perlu dilakukan agar dapat bersaing di pasar global.

Melalui kesempatan pameran ini, diharapkan menjadi ajang promosi produk-produk IKM dan UMKM Jembrana. Di samping sebagai media untuk mempererat hubungan antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat.

“Melalui kesempatan ini dan pada malam hari ini, kami mengajak IKM dan UMKM di Kabupaten Jembrana untuk ikut berpartisipasi dalam pameran IKM dan UMKM Jembrana. Ajang ini mereka bisa mempromosikan dan menampilkan informasi produk-produk unggulan yang dimiliki kabupaten Jembrana,” pungkasnya.(ded)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button