BeritaGianyar
Trending

Bupati Mahayastra Sampaikan LKPJ 2022

GIANYAR, jarrakposbali.com | Bupati Gianyar, Made Mahayastra menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2022 di ruang Sidang Utama Kantor DPRD Gianyar, Jumat (17/3/2023).

Sidang paripurna penyampaian LKPJ Bupati Gianyar ini dipimpin oleh Ketua DPRD Gianyar, I Wayan Tagel Winarta.
Dalam penyampaian LKPJ Tahun Anggaran 2022, Bupati Mahayastra mengatakan pendapatan daerah yang dirancang sebesar 2,459 Triliun Rupiah lebih, dan terealisasi sebesar 2,114 Triliun Rupiah lebih, atau 85,96% dari rencana.

Realisasi tersebut bersumber dari PAD sebesar 857,553 miliar rupiah lebih, atau 71,99% dari rencana sebesar 1,191 triliun rupiah lebih.

“Meski situasi sulit hingga pertengahan tahun, imbas Covid-19, namun bersyukur pada bulan Juli wisatawan bisa masuk sehingga capaian angka 857 Miliar itu sangat luar biasa, cukup maksimal dan bisa membiayai berbagai sektor,” kata Bupati Mahayastra.

Adapun sektor-sektor tersebut diantaranya di bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, pekerjaan umum, pangan, lingkungan hidup, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, bidang koperasi dan usaha kecil menengah dan bidang  konkuren Pemerintah Kabupaten, yang berkaitan dengan prioritas pembangunan Kabupaten Gianyar, yang ditetapkan dalam RKPD Semesta Berencana Kabupaten Gianyar Tahun 2022.

Lebih lanjut, dari pencapaian tersebut secara umum, Bupati Mahayastra sangat brsyukur dengan meningkatnya UMKM, menurunnya kemiskinan, dan gini rasio mulai merata.

“Itu cukup melegakan walaupun kita hanya bisa maksimal mulai pertengahan tahun dari bulan Juni hingga Desember,” kata Bupati Mahayastra.

Sementara itu, untuk realisasi belanja daerah sebesar 2,132 triliun rupiah lebih, atau 85,33% dari rencana sebesar 2,499 triliun rupiah lebih, sedangkan pembiayaan daerah, yaitu penerimaan pembiayaan daerah terealisasi 100% sesuai rencana sebesar 119,964 milyar rupiah lebih, dan pengeluaran pembiayaan daerah terealisasi 100%, sesuai rencana sebesar 80,26 miliar rupiah lebih.

Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, I Wayan Tagel Winarta mengatakan dirinya bersama para anggota DPRD akan segera mengkaji materi LKPJ tahun 2022 yang diserahkan oleh Bupati Gianyar guna perbaikan penyelenggaraan pemerintahan ke depan dengan segera melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait.

“Selama 30 hari ini akan kami manfaatkan semaksimal mungkin dalam mempersiapkan rekomendasi yang perlu disampaikan,” I Wayan Tagel Winarta.(td/jp).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button