Gianyar

PJ. Ketua TP PKK Bali drg.Ida Mahendra Jaya Dorong Gerakan Penanaman Cabai di Pulau Bali

GIANYAR, jarrakposbali.com | Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Drg. Ida Mahendra Jaya mendorong gerakan penanaman cabai di Pulau Bali, komitmen tersebut ditunjukan dengan peninjauan lapangan dan penanaman cabai yang dilakukan di Puspa Aman, Desa Sukawati, Gianyar, pada Kamis (30/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Ida Mahendra yang didampingi oleh Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Bali Anom Agustina dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gianyar IGA Dewi meninjau lahan seluas 40 are yang dikelola oleh Puspa Aman Sukawati untuk tempat penanaman cabai.

Saat berdialog dengan Tim Puspa Aman, Ida Mahendra sangat mengapresiasi atas usaha yang dikembangkan oleh TP PKK Kabupaten Gianyar dengan menanam cabai dan tanaman bermanfaat lainnya.

“Saya berharap Kabupaten lain dapat meniru apa yang dilakukan oleh Gianyar. Mengingat cabai merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam bumbu dapur,”ujarnya.

Dengan penanaman cabai yang dilakukan oleh Desa, maupun tingkat terkecil dirumah akan sangat memberikan dampak terhadap kenaikan harga cabai, dimana ketika harga cabai naik maka para ibu rumah tangga dapat memanfaatkan hasil cabai yang ditanam di pekarangan rumah sendiri (Hatinya PKK).

Masih pada program yang sama, Ida Mahendra beserta rombongan melanjutkan peninjauan penanaman cabai ke Kabupaten Klungkung. Pada kesempatan ini, Ida Mahendra yang didampingi Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Sri Sundari Kasta bertandang ke dua rumah warga yang menjadi percontohan Hatinya PKK, yaitu rumah Ibu Hartika dan Bapak Hj. Ibrahim yang terletak di Desa Kampung Gelgel-Klungkung.

Hatinya PKK Hj. Ibrahim diisi dengan tanaman cabai, terong, seledri dan memelihara ikan. Ia mengakui bahwa manfaat Hatinya PKK sangat baik terutama dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari terutama kebutuhan dapur.

“Pemanfaatan untuk kebutuhan dapur sendiri, terkadang ia juga bisa memberikan kepada tetangga hasil dari panen cabe tersebut, sehingga dapat membantu tetangga yang tidak mampu untuk membeli cabai,” terangnya.

Diakhir kunjunganya, Ida Mahendra meninjau Tempat Pembibitan Kebun PKK dan Hatinya PKK Kabupaten Klungkung. Dalam kunjungannya, Ida Mahendra juga melakukan penanaman beberapa bibit cabe di lahan seluas 30 are yang dimanfaatkan oleh Kabupaten Klungkung. Dimana bibit tersebut, akan didistribusikan ke semua Kecamatan yang ada di Klungkung.

Sebelumnya, pada hari yang sama Ida Mahendra juga menerima kunjungan dari TP PKK Sulawesi Selatan yang juga melakukan penanaman 100 bibit cabai di Halaman Gedung Jayasabha-Denpasar.(mas/jpbali).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button