Karangasem

Siapkan 600 Pos Pelayanan Imunisasi Polio, Bupati I Gede Dana Sukseskan PIN Polio 2024

KARANGASEM,jarrakposbali.com | Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem mengadakan kegiatan sosialisasi dan evaluasi Pelaksanaan PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio 2024, yang di buka langsung oleh Bupati Karangasem I Gede Dana. Kamis, 11 Juli 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Taman Ujung Surgawi,  yang dihadiri oleh perwakilan Kodim 1623/Karangasem, perwakilan Polres Karangasem, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Karangasem, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabipaten Karangasem, Kepala Dinas PMD Kabupaten Karangasem, Kepala Dinas Sosial, P3A, PPKB Kabupaten Karangasem, Kementerian Agama Kabupaten Karangasem, Camat se -Kabupaten Karangasem, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Karangasem, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Karangasem, serta undangan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, selaku pelaksana menyampaikan bahwa, “dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Keputusan Kementerian Kesehatan terkait adanya Kasus KLB Polio di enam Provinsi dari tahun 2022 hingga 2023, serta surat edaran Dirjen dan Kemendagri untuk dukungan pencegahan,”ucapnya.

“Kasus polio tersebut ditemukan pertama kali di Provinsi Aceh, kemudian di tahun 2023 ditemukan kembali di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan pada awal tahun 2024 muncul kembali muncul kasus berikut di wilayah timur Indonesia yakni di tanah Papua,”lanjutnya.

“kegiatan PIN Polio Nasional 2024 akan dilaksanakan di Kabupaten Karangasem pada tanggal 23-29 Juli 2024, dengan target 95% anak usia 0-7 tahun mendapatkan imunisasi polio, melebihi dari target nasional sebesar 61%. “Kami target sekitar 61 ribu anak mendapatkan imunisasi polio,”pungkasnya.

Dalam sambutannya, Bupati Karangasem I Gede Dana menyatakan dukungan penuh dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini.

“Imunisasi polio ini sangat penting untuk mencegah penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada bayi dan anak-anak,”kata Bupati Dana.

“Bali, sebagai Provinsi dengan risiko tinggi penularan polio perlu diwaspadai, mengingat Bali dekat dengan wilayah-wilayah yang telah melaporkan kasus polio serta posisinya sebagai tujuan Wisata Dunia,”ujar Bupati Karangasem I Gede Dana.

Program PIN Polio 2024 akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Anak Nasional, dengan putaran pertama dilaksanakan pada tanggal 23-29 Juli 2024 dan putaran kedua akan dilaksanakan di bulan Agustus, berjarak dua minggu dari imunisasi polio sebelumnya.

“Sebanyak 600 pos akan dipersiapkan di berbagai titik lokasi, termasuk Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Posyandu, sekolah, dan pos imunisasi lainnya di bawah koordinasi Dinas Kesehatan,” jelas Bupati Dana.

Bupati juga menekankan bahwa imunisasi polio ini sangat aman. Lebih dari 250 juta dosis telah diberikan di seluruh dunia tanpa laporan efek samping serius.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bekerja sama dan berpartisipasi aktif dalam mensosialisasikan pentingnya kegiatan ini, demi mensukseskan program PIN Polio 2024”, tambahnya.

“Mari bersama kita wujudkan Kabupaten Karangasem bebas polio dan lindungi generasi penerus kita dari ancaman penyakit berbahaya ini. Dengan kerjasama yang baik dari tingkat desa hingga kota, kita bisa memastikan setiap anak mendapatkan haknya untuk hidup sehat dan aman,” Ucap Bupati I Gede Dana dengan Optimis. /je

Editor : Putu Gede Sudiatmika.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button