BeritaBulelengDaerahHukum dan Kriminal
Trending

Sebar Foto Bugil Mantan di Facebook, Ihwal Barokah Terancam UU ITE

SINGARAJA, Jarrak Pos Bali – Ihwal Barokah (35) kini terancam UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) setelah ketahuan menyebar foto bugil mantannya di Facebook.

Niat Ihwal Barokah, pria asal Singaraja, Kabupaten Buleleng ini ingin mempermalukan mantan pacarnya malah berujung pidana baginya.

Ini setelah aksinya yang menyebarkan screenshot video call-nya dengan mantan pacarnya berinisial NI (24) ke akun Facebook pribadinya.

Adanya foto bugil NI di akun Facebook Ikhwal Barokah, ternyata diketahui sendiri oleh korban saat tengah membuka media sosial Facebook.

Saat itu, korban melihat foto wanita telanjang yang setelah diperhatikan ternyata merupakan fotonya dalam keadaan telanjang.

Atas penemuan foto tak senonoh perempuan asal Cianjur, Jawa Barat itu di Facebook, korban akhirnya melaporkan ke Polres Buleleng.

  Jarrak Travel

“Tersangka memposting foto bugil korban di akun Facebook pribadinya karena sakit hati,” ungkap AKP Hadimastika K.P, S.I.K, M.H.

“Keduanya sempat berpacaran namun karena diputusin kemudian sakit hati langsung menyebar foto bugil korban,” jelasnya lagi.

Kepolisian akhirnya berhasil menangkap tersangka setelah melakukan profiling akun Facebook dan memancing pengguna akun.

“Foto itu diposting pada tanggal 20 Mei 2022, dan pelaku ditangkap pada tanggal 3 Juni 2022,” kata Kasat Reskrim Polres Buleleng.

Polisi berhasil mengamankan satu unit Hp merk VIVO Y20s warna hitam, screenshot foto bugil korban yang diunggah di akun Facebook tersangka.

Serta akun Facebook Ikhwal Barokah, milik tersangka yang digunakan untuk menyebarkan foto tak senonoh korban.

Pelaku penyebaran foto bugil mantan karena sakit hati
Polisi saat memperlihatkan barang bukti serta tersangka penyebaran foto tak senonoh. Foto: Franz Jr. 
Baca Juga :  BANDARA BULELENG: LSM GENUS INGATKAN KEMBALI PEMBANGUNAN BANDARA
Baca Juga :  Kapolres Klungkung Dan Kapolres Jembrana Memberikan Reward Ucapan Terima Kasih Kepada Anggota dan Masyarakat
Baca Juga :  Terkait PPG, Undiksha Bentuk Konsorsium Bersama Kampus Ini

Kenal di kafe tuak, kini terancam enam tahun penjara

Sementara itu, tersangka Ihwal Barokah mengaku saat itu ia mengambil foto korban saat tengah melakukan video call.

Tersangka juga mengaku telah menjalin kisah cinta dengan NI selama tujuh bulan dan berawal dari salah satu kafe tuak di Penarukan.

“Saat itu dia lagi mandi, tapi saya mau matikan dia tidak mau, lalu saya screenshot, tidak saya rekam” tutur Ihwal Barokah kepada wartawan.

Kini, Ihwal Barokah terancam hukuman penjara enam tahun penjara dan/denda paling banyak satu miliar rupiah.

Dengan melanggar Pasal 45 ayat (1) jo Pasal 27 ayat (1) UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU
RI No. 11 Tahun 2008 tentang ITE.

“Adanya kejadian ini jadi himbauan agar tidak mudah tergoda untuk melakukan video call maupun berfoto dalam keadaan telanjang,” pesan AKP Hadimastika K.P.

“Itu untuk mencegah hal-hal seperti ini, mungkin dulu masih sayang, tapi kalau sudah putus bisa seperti ini,” imbuhnya. (fJr/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: