Berita

Perjuangkan SHM, Warga Gilimanuk Bentuk AMTAG

JEMBRANA, jarrakposbali.com | Walaupun sudah di tempati selama puluhan tahun, warga Gilimanuk sampai saat ini masih mempertanyakan tanah yang mereka tempati dan meminta pemerintah daerah memperjuangkan menjadi hak milik.

Polemik itu membuat warga Gilimanuk selama dua bulan ini semakin gencar memperjuangkan tanah yang mereka tempati bisa menjadi hak milik. Dimana status tanah selama ini adalah HPL.

Untuk memaksimalkan perjuangan tersebut, warga Gilimanuk dari enam lingkungan membentuk Aliansi Masyarakat peduli Tanah Gilimanuk (AMTAG) dan membentuk sekretariat di pinggir jalan menuju Pelabuhan Gilimanuk.

Selain itu, baliho besar terkait tuntutan mereka yang berisi ajakan untuk mengumpulkan surat dan dukungan di relawan masing – masing lingkunga  upaya permohonan sertifikat hak milik (SHM) juga terpampang jelas di sebelah kantor aliansi tersebut.

Baca Juga :  DIDAMPINGI KANIT SABHARA KUBUTAMBAHAN, SISWA LATJA LAKUKAN PATROLI DIALOGIS

Selama bertahun – tahun warga gilimanuk menempati tanah itu dengan status HPL (hanya pengguna lahan)  dan HGB (hak guna bangunan). Secara aturan, tanah yang sudah ditempati selama lebih dari 20 tahun sudah bisa di ajukan menjadi hak milik.

Salah seorang warga Lingkungan Arum, Gilimanuk, Supriyono menyebutkan, saat ini mereka membayar kewajiban berupa sewa lahan dan pajak bangunan setiap tahunnya kepada pemerintah daerah.

Baca Juga :  Dukung Pelaksanaan Ngaben Masal Warga Desa Adat Bakas
  Jarrak Travel

“kami memohon kepada pemerintah daerah untuk membantu masyarakat melepas HPL di pemerintah pusat dan menindak lanjuti menjadi SHM”, harapnya,  Minggu (10/7/2022)

Minggu lalu sekretariat dan perwakilan warga sempat mendatangi kantor Pemkab Jembrana dan Rumah Rakyat, Kantor DPRD Jembrana namun tidak ada yang dapat di temui. Mereka rencananya akan datang lagi pada senin dan selasa ini.(x)

Penulis : Angga
Editor   : Dewa Darmada

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: